Program saya akan melanjutkan program-program yang sudah dilaksanakan Panglima TNI sebelumnya. Sesuai visi misi saya, TNI yang PRIMA, profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif
Jakarta (ANTARA) - Jenderal TNI Agus Subiyanto resmi menjabat Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono selepas upacara serah terima jabatan (sertijab) di Plaza Mabes TNI, Jakarta, Rabu.

Agus Subiyanto langsung mengikuti upacara sertijab beberapa jam setelah dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu pagi.

“Program saya akan melanjutkan program-program yang sudah dilaksanakan Panglima TNI sebelumnya. Sesuai visi misi saya, TNI yang PRIMA, profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif,” kata Jenderal TNI Agus Subiyanto saat jumpa pers selepas upacara sertijab di Plaza Mabes TNI.

Sementara itu, Laksamana TNI Yudo Margono, pada kesempatan itu pun pamit dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden RI kepada dirinya sejak dia dilantik sebagai Panglima pada 19 Desember 2022 sampai akhirnya purna tugas pada 22 November 2023.

“Saya mengucapkan terima kasih dan pada seluruh jajaran TNI di mana pun bertugas, saya mohon pamit, dan saya menitipkan TNI tetap profesional, modern, dan tangguh,” kata Laksamana Yudo dalam jumpa pers yang sama.

Dalam upacara sertijab itu, Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan bertindak sebagai komandan upacara. Kolonel Sandy sehari-hari bertugas sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang. Kemudian, perwira upacara ialah Kolonel Kalavaleri Jeffri Pramono, yang saat ini bertugas sebagai Asisten Operasi Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Di sekitar area upacara, jajaran alutsista TNI turut dipamerkan, diantaranya Meriam Howitzer TNI AL, kendaraan taktis Anoa Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP), Roket Mistral TNI AD, kendaraan taktis APC Turangga TNI AU, dan Oerlikon Skyshield.

Jenderal TNI Agus Subiyanto menjabat sebagai Panglima TNI setelah diusulkan sebagai calon tunggal oleh Presiden RI Joko Widodo. Pencalonan Agus hanya berselang beberapa hari setelah dia resmi menjabat sebagai Kepala Staf TNI AD (Kasad) pada 27 Oktober 2023.

Dengan demikian, Agus pun tidak sampai sebulan menjabat sebagai Kasad. Sejauh ini, belum ada perwira tinggi TNI AD bintang tiga yang ditetapkan sebagai Kasad pengganti Agus Subiyanto.

Dalam satu hari pertamanya setelah resmi menjadi Panglima TNI, Agus Subiyanto dijadwalkan langsung bertolak ke Papua pada Rabu sore untuk mendampingi kegiatan Presiden RI.

Baca juga: Panglima TNI canangkan pendekatan "smart power" di Tanah Papua

Baca juga: Posko TNI jangkau pulau kecil untuk pastikan Pemilu tepat waktu

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023