Jakarta (ANTARA) - Analis Bank Woori Saudara BWS Rully Nova menganggap Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada kuartal III/2023 yang defisit memperlemah nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

“NPI yang mengalami defisit memperlemah rupiah karena capital outflow belum sepenuhnya kembali ke pasar indonesia,” ujar dia ketika dihubungi Antara, Jakarta, Rabu.

Seperti diketahui, NPI pada kuartal III/2023 mencatatkan defisit 1,5 miliar dolar AS atau lebih rendah dibandingkan defisit pada kuartal sebelumnya sebesar 7,4 miliar dolar AS. Kondisi tersebut ditopang oleh defisit neraca transaksi berjalan dan transaksi modal dan finansial yang membaik.

Pada kuartal III/2023, transaksi berjalan menunjukkan defisit 0,9 miliar dolar AS (0,2 persen dari Produk Domestik Bruto), jauh menurun dibandingkan dengan defisit 2,2 miliar dolar AS (0,6 persen dari PDB) pada kuartal sebelumnya.

Baca juga: Kemenkeu sebut rupiah kembali terapresiasi karena perekonomian terjaga

Kendati demikian, Rully menilai adanya perbaikan signifikan dari NPI kuartal III/2023 tidak mampu menopang kurs Rupiah.

Pelemahan Rupiah sangat dipengaruhi faktor eksternal, yakni Federal Reserve (The Fed) yang tak memberikan sinyal untuk memangkas suku bunga pada risalah pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC).

“The Fed masih tetap membuka peluang kenaikan suku bunga bila data-data terutama data inflasi mendukung,” ungkap dia.

Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell mengatakan bahwa inflasi masih jauh di atas target dan suku bunga tinggi masih diperlukan saat ini. Karena itu, The Fed akan berhati-hati dalam mengambil keputusan ke depannya.

Pada penutupan perdagangan hari ini, mata uang Rupiah melemah 135 poin atau 0,87 persen menjadi Rp15.575 per dolar AS dari penutupan sebelumnya sebesar Rp15.440 per dolar AS.

Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Rabu turut melemah ke posisi Rp15.584 dari sebelumnya Rp15.436 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah pada Rabu pagi melemah 101 poin jadi Rp15.541 per dolar AS

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023