Palembang (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo akan meninjau kawasan olahraga Jakabaring Palembang untuk melihat persiapan pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) 22 September - 1 Oktober 2013.

Dalam waktu dekat ini menteri akan meninjau terutama untuk melihat kesiapan fasilitas olahraga di daerah itu, kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel Syaidina Ali kepada wartawan usai rapat persiapan pelaksanaan pesta olahraga negara-negara Islam tersebut di Palembang, Kamis.

Secara umum Sumsel sudah siap dan bila ada kekurangan seperti fasilitas pertandingan akan ditambah serta dibenahi, katanya.

Menurut dia, direncanakan ISG akan dilaksanakan di kawasan bekas SEA Games 2011 Jakabaring dan Kampus Palembang, karena fasilitasnya sudah mendukung.

Yang jelas, secara umum Sumsel sudah siap menyelenggarakan pesta olahraga bagi negara-negara Islam tersebut.

Wakil Ketua Umum KONI Sumsel A Rizal mengatakan, yang perlu ditambah sekarang ini fasilitas cabang olahraga panahan.

Namun, itu tidak terlalu berat karena hanya menyiapkan lokasi saja serta penambahan fasilitas pendukung lainnya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, dipercayanya Sumsel menjadi tuan rumah ISG tersebut suatu kehormatan bagi daerah ini.

Selain itu kegiatan tersebut juga dan amanah yang cukup berat, karena waktunya hanya dua bulan lagi serta akan memasuki bulan puasa sehingga perlu didukung bersama.

Sehubungan itu semua pihak dalam pelaksanaan ISG nanti harus bekerja secara profesional dan disiplin, karena merupakan suatu kehormatan bagi warga Sumsel sehingga harus sukses.

ISG di Sumsel akan mempertandingkan cabang olahraga antara lain atletik, voli, sepak bola, renang dan angkat besi dengan peserta diperkirakan lebih dari 25 negara Islam, katanya.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013