Jakarta (ANTARA) - Korps Marinir TNI Angkatan Laut (Kormar) dan Pasukan Marinir Amerika Serikat akan menggelar latihan bersama Keris Marine Exercise (MAREX) 2023 mulai 23 November hingga 11 Desember di Antarlina, Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Keris MAREX adalah sebuah latihan bilateral antara Pasukan Marinir AS dan Korps Marinir TNI AL yang bertujuan untuk mempromosikan interoperabilitas militer dan kesadaran ranah maritim, memperkuat kerja sama, serta mengembangkan kemampuan militer dari unit-unit yang berpartisipasi, kata Kedutaan Besar AS di Jakarta dalam pernyataan pers yang diterima pada Rabu.

Pada 2022, pasukan marinir AS dari Marine Rotational Force– Southeast Asia (MRF-SEA) berpartisipasi dalam latihan perdana Keris MAREX, dan kembali ke Indonesia tahun ini untuk meningkatkan pengembangan kapasitas dan interoperabilitas gabungan.

Menurut Kedubes AS, sekitar 150 anggota pasukan Marinir AS dan 150 anggota Korps Marinir TNI AL akan mengikuti Keris MAREX tahun ini untuk bersama-sama meningkatkan pertahanan pesisir, latihan menembak, senjata multikru, dan kemampuan sistem pertahanan udara gabungan tanpa awak.

Para peserta juga akan berinteraksi dengan masyarakat, serta melakukan pertukaran pakar untuk memperkuat komitmen bersama untuk keamanan dan kerja sama regional.

Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir Kolonel Marinir Bambang Dillianto mengatakan bahwa pada akhir latihan Indonesia dan Amerika akan bersama-sama merayakan hari ulang tahun Kormar dan Marinir AS.

"Dalam situasi latihan yang penuh dengan kegembiraan di lapangan, ini merupakan kesempatan berharga yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya. Kami berharap semoga ke depan hubungan Korps Marinir kedua negara menjadi semakin erat dan saling mendukung dalam menghadapi permasalahan kompleks ke depan," kata Bambang.

Sementara itu, Komandan MRF-SEA Kolonel Siverts mengatakan bahwa Keris Marine Exercise 2023 merupakan kesempatan penting bagi Marine Rotational Force-Southeast Asia untuk mengikuti latihan perang hutan di Indonesia.

"Ini lebih dari sekedar latihan. Ini adalah kesempatan untuk memperkuat hubungan kami dengan Marinir Indonesia dan memperkuat kemampuan bersama kami," ujarnya.

Latihan tahun ini akan diakhiri dengan latihan infanteri tingkat peleton untuk menunjukkan kemampuan tempur gabungan serta persahabatan antara Kormar dan Pasukan Marinir AS.

Baca juga: Angkatan laut Indonesia dan AS gelar latihan bersama di Lampung
Baca juga: China gelar latihan militer gabungan bersama 5 negara ASEAN bulan ini

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023