David Sun, Vice President, Huawei, dan CEO, Electric Power Digitalization BU, Huawei

Shenzen, China (ANTARA/PRNewswire)- Produktivitas digital dapat ditingkatkan dengan membangun kapabilitas inti secara sistematis. Maka, pemutakhiran daya komputasi dan kapasitas transmisi sangat penting untuk mempercepat pembangunan sistem kelistrikan baru.

1.  Sistem kelistrikan baru yang dibangun dengan mengutamakan daya listrik dan komputasi

Energi baru kelak mengubah format, karakteristik, dan mekanisme sistem kelistrikan konvensional. Di sisi lain, integrasi dan pengembangan sumber listrik-jaringan transmisi-beban-sistem penyimpanan secara kolaboratif semakin membutuhkan daya listrik pintar. Mulai dari komputasi umum hingga komputasi kecerdasan buatan (AI), serta dari satu titik komputasi hingga komputasi kolaboratif berformat cloud-edge-device, sebuah arsitektur komputasi sistematis berperan penting guna mencapai teknologi pintar dan digital, serta mendatangkan dividen. Berdasarkan gaya tata kelola yang biasa dijalankan perusahaan listrik, Huawei merekomendasikan arsitektur Spark dengan sinergi cloud-edge-device. Arsitektur ini mendukung perusahaan listrik membangun kantor pusat yang profesional dan memprioritaskan layanan, sistem bisnis terpusat, serta lokasi kerja yang hemat tenaga kerja.

2. Transmisi canggih menjadi garansi

Transmisi merupakan unsur utama dalam komunikasi. Kita harus mempersiapkan kapasitas transmisi yang lebih canggih secara lebih dini. Untuk itu, kita harus mengantisipasi perubahan. Di saat bersamaan, kita harus menemukan teknologi komunikasi yang tepat untuk berbagai jenis skenario.

Kita memperoleh teknologi pintar jika koneksi yang sesuai kebutuhan (on-demand), aman, dan lancar tersedia dalam setiap aspek.

3. Inovasi merupakan titik awal guna meningkatkan produktivitas. Inovasi arsitektur, inovasi mode, dan inovasi ekosistem berperan besar.

Inovasi arsitektur: Dari arsitektur referensi dalam transformasi digital perusahaan hingga arsitektur teknis, termasuk arsitektur komputasi dan arsitektur jaringan komunikasi sasaran, inovasi harus menembus setiap lapisan.

Inovasi model: Dengan mengembangkan model bisnis terintegrasi dan teknologi digital yang baru, kita dapat menutup kesenjangan antara bisnis dan teknologi digital, membawa pencapaian historis ke masa depan, serta membantu perusahaan listrik beralih memakai teknologi digital sejalan dengan perkembangan pesatnya. Kunci utamanya terletak pada pemberdayaan pakar kelistrikan, khususnya menyediakan informasi spesialis terkini, mengurangi hambatan digitalisasi, serta menerapkan dan merangsang kreativitas seluruh pegawai.

Inovasi ekosistem: Moda Costa Rica yang bersifat terbuka, seperti dianjurkan James Moor, lebih cocok diterapkan di industri. Sebuah model ekosistem terbuka membantu setiap orang merealisasikan dan membagikan keunggulan masing-masing, serta menyediakan kapabilitas industri dan lintasindustri bagi seluruh peserta.

Skenario digital secara kolaboratif disusun oleh perusahaan listrik, lembaga kajian, dan asosiasi industri. Digitalisasi adalah proyek sistematis yang tidak hanya membutuhkan penyedia solusi dan integrator yang kapabel, namun juga vendor dan mitra TIK—semua pihak memiliki peran dalam upaya yang penuh tantangan tersebut.

Huawei berkomitmen membangun landasan "Digital China", serta menyediakan  layanan berkonsep "One More Beautiful Choice" bagi dunia. Kami mengandalkan keahlian dalam teknologi digital, serta berkolaborasi dengan klien industri dan mitra guna membangun masa depan listrik pintar.

Informasi lebih lanjut tersedia di https://e.huawei.com/en/industries/grid.

NARAHUBUNG: hwebgcomms@huawei.com 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023