Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Nusantara Power (NP) Unit Pembangkitan (UP) Brantas menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada salah satu sekolah di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang terdampak bencana alam.

Assistant Manager PLTA Sengguruh Rahmad Adriansyah di Kabupaten Malang, Rabu, mengatakan bantuan itu diberikan kepada Sekolah Alam Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bilingual Al Ikhlas di Desa Sengguruh, Kepanjen untuk pembangunan infrastruktur dan ruang kelas.

"Bantuan ini diberikan untuk dukungan dan memfasilitasi pengembangan infrastruktur serta peralatan pembelajaran MI Bilingual Al Ikhlas," kata Rahmad.

Baca juga: PLN NP Brantas bantu penanganan stunting di Kabupaten Malang

Ia menjelaskan, bantuan sebesar Rp46 juta tersebut akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan ruang kelas di MI Bilingual Al Ikhlas yang terdampak bencana hujan dan angin kencang pada Oktober 2023.

Menurut dia, bantuan tersebut merupakan yang kedua. Sebelumnya juga ada bantuan serupa pada November 2022 yang digunakan untuk prasarana sekolah dan tiga unit kursi roda.

"Bantuan ini yang kedua kali, sebelumnya tahun 2022," katanya.

Bantuan CSR pada 2022 diberikan untuk mewujudkan program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun kepada anak berkebutuhan khusus (ABK). Melalui bantuan itu, PLN NP UP Brantas bersama MI Bilingual Al Ikhlas membentuk program pendidikan khusus dan pelayanan khusus inklusif.

Baca juga: PLN salurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan bencana Semeru

"Kami bersyukur bisa memberikan dukungan pembelajaran adik-adik inklusi. Bantuan yang saat ini untuk membantu peningkatan infrastruktur pembelajaran juga," katanya.

Sementara itu, salah satu guru di MI Bilingual Al Ikhlas Puji Winantu mengatakan bahwa pascabencana yang melanda sekolah tersebut, saat ini sekolah tersebut sudah mulai kembali bangkit dengan bantuan dari sejumlah pihak termasuk PLN NP UP Brantas.

"Dari wali murid ada yang menyumbang berupa uang, ada yang berupa material dan sebagainya. Kemudian, pihak PLN itu sangat luar biasa. Begitu kita minta bantuan, tanpa banyak bicara langsung diberi sumbangan," katanya.

Kepala Desa (Kades) Sengguruh Jamburi menambahkan bahwa PLN Nusantara Power telah beberapa kali memberikan bantuan CSR kepada warga Desa Sengguruh. Pada 2023, bantuan tersebut banyak berupa penambahan infrastruktur penting.

Baca juga: PLN Peduli serahkan 1.500 paket sembako untuk korban banjir di Jatim

"Tahun ini khusus untuk penambahan infrastruktur. Semoga membawa manfaat untuk kemajuan terutama pada pelaksanaan giat belajar mengajar dengan penambahan sarana prasarana di MI Bilingual Al Ikhlas," katanya.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023