Jambi (ANTARA) - Sejumlah warga kembali memblokir jalan di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi karena mereka merasa tidak mendapatkan keadilan atas penyelesaian konflik lahan dengan pihak perusahaan perkebunan di daerah itu.
 
"Aksi pemblokiran jalan di Kumpeh dilakukan oleh warga, dan sampai saat ini jalan itu masih tertutup dengan buah sawit yang ditumpuk di tengah badan jalan, belum ada perubahan; warga masih bersikeras untuk tidak membuka jalan," kata Rian, salah seorang warga yang hendak melintas di jalan itu, Kamis.

Aksi pemblokiran jalan dilakukan warga Desa Sumber Jaya sejak Rabu malam (22/11) dengan cara menumpuk buah kelapa sawit ke tengah badan jalan penghubung Suak Kandis - Kota Jambi.

Mereka juga meletakkan karton di atas tumpukan buah kelapa sawit dengan tulisan aparat ingkar janji. Kemudian, video pemblokiran jalan itu viral di media sosial dan grup Whatsapp. Aksi pemblokir jalan ini dilakukan sebagai bentuk protes karena dua angkutan buah sawit salah satu warga ditahan oleh polisi.

"Kami tidak tahu kenapa angkutan muatan buah ditangkap polisi," kata Kepala Desa Sumber Jaya Harmidi.  

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023