Kami berharap temu bisnis ini mampu menjadi daya tarik investor masuk ke Gunungkidul
Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan temu bisnis melibatkan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta dalam rangka menarik investasi sektor pariwisata di wilayah ini.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gunungkidul Agung Danarto di Gunungkidul, Kamis, mengatakan temu bisnis ini untuk membangun kesamaan pemahaman investasi pariwisata bertaraf internasional yang inklusif dengan kemanfaatan bagi masyarakat Gunungkidul tentunya peningkatan kesejahteraan.

"Kami berharap temu bisnis ini mampu menjadi daya tarik investor masuk ke Gunungkidul, sehingga berinvestasi dengan membangun destinasi-destinasi wisata baru level internasional," kata Agung.

Ia mengatakan tujuan lain temu bisnis, diantaranya menginformasikan kepada pelaku usaha perihal kegiatan usaha yang inklusif dan berwawasan lingkungan serta standarisasi dan sertifikasi usaha pariwisata.

" Yang paling penting membangun kesamaan pemahaman mengenai investasi pariwisata berlevel internasional yang inklusif," katanya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan investasi salah satu pintu masuk bagi terbukanya lapangan pekerjaan di Gunungkidul. Sehingga perlu diberikan kemudahan bagi investor yang akan menanamkan modalnya di Gunungkidul.

"Jika ada penyelenggara birokrasi yang mencoba mempermainkan investasi, sogok menyogok silahkan dilaporkan. Akan saya tindak langsung," kata dia.

Ia mengatakan iklim investasi melibatkan semua pihak, keuangan, sumber daya alam dan jejaring lainnya. Bupati menegaskan saat ini sudah ada sekitar 2.000 hektare lahan di Gunungkidul yang sudah dimiliki investor.

"Saya minta untuk investor yang sudah memiliki lahan segera merencanakan untuk dibangun. Ya meskipun para investor ini punya perhitungan tersendiri," kata bupati.

Sunaryanta juga meminta pengusaha untuk membangun olahraga yang dikombinasikan dengan wisata atau sport tourism. Banyak sport di Gunungkidul yang bisa dikembangkan untuk kegiatan tersebut.

"Coba kembangkan sport tourism, silakan dilirik dan koordinasi dengan pemerintah daerah," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023