Kementerian Perhubungan telah menyetujui untuk menyubsidi penerbangan dari Gayo Lues, dua kali dalam seminggu.
Banda Aceh (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mengakomodir usulan anggota Komisi V DPR RI asal Aceh Irmawan untuk menyubsidi penerbangan perintis melalui Bandara Pantiambang Gayo Lues, Aceh.

"Kementerian Perhubungan telah menyetujui untuk menyubsidi penerbangan dari Gayo Lues, dua kali dalam seminggu," kata Irmawan, di Banda Aceh, Kamis.

Subsidi tersebut, kata Irmawan, dari dan ke sejumlah bandara di Aceh yakni Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar, Rembele Bener Meriah, hingga Gayo Lues ke Bandara Internasional Kualanamu Medan.

Irmawan menjelaskan, jadwal penerbangan perintis yang menghubungkan Gayo Lues dengan Banda Aceh, Bener Meriah, dan Medan tersebut sebelumnya sudah disampaikan berulang dalam rapat Komisi V DPR RI dengan Kemenhub.

Bahkan, kata dia, pengusulan tersebut juga sempat menimbulkan perdebatan hebat, hingga akhirnya Kemenhub mengakomodir untuk menyubsidi rute dari bandara Gayo Lues tersebut.

"Kita harapkan ini akan memberi dampak secara ekonomi kepada masyarakat Gayo Lues, yang aksesnya semakin mudah," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Irmawan juga menuturkan bahwa dirinya telah mengusulkan subsidi penerbangan untuk bandara perintis lainnya di Tanah Rencong.

"Beberapa bandara perintis seperti di Aceh Singkil dan Aceh Tenggara, juga sudah diusulkan agar mendapat subsidi dari kementerian," demikian Irmawan.
Baca juga: Pemerintah subsidi tiket pesawat rute Samarinda-Datah Dawai-Melak
Baca juga: Susi Air siapkan tiga pesawat layani perintis ke19 rute di Tanah Papua

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023