Banggai, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Personel Satuan Samapta Kepolisian Resor (Polres) Banggai, Polda Sulawesi Tengah, mendistribusikan bantuan air bersih untuk warga yang terdampak kekeringan di Kompleks Pasar NKRI, Desa Bubung, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.
 
"Bakti sosial ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polres Banggai kepada warga yang mengalami kekurangan air bersih," kata Kepala Seksi Humas Polres Banggai Iptu Al Ami di Kabupaten Banggai, Kamis.
 
Ia mengatakan kegiatan sosial dengan menyalurkan air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan adalah langkah yang tepat, mengingat mereka sangat membutuhkan untuk keperluan sehari-hari.

Baca juga: Polres Bantul distribusi bantuan air bersih ke wilayah kekeringan
 
Menurut dia, kegiatan ini merupakan kepedulian Polres Banggai kepada warga yang mengalami kekurangan air bersih karena kemarau panjang.
 
Aksi sosial itu dilakukan bersama Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk serta Babinsa dengan menyalurkan air bersih menggunakan mobil AWC (Armoured Water Cannon) milik Polres Banggai.
 
"Sebanyak 20.000 liter air bersih disalurkan kepada 30 kepala keluarga yang mengalami krisis air bersih" katanya.

Baca juga: Polres Kuningan salurkan 10 ribu liter air bantu warga kekeringan
 
Ia mengatakan bahwa pihaknya selalu berupaya melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.
 
Pada musim kemarau yang berkepanjangan ini, kata dia, warga biasanya mengandalkan air hujan atau melakukan perjalanan cukup jauh sekitar satu kilometer untuk mendapatkan air bersih di Kelurahan Tanjung Tuwis.
 
"Dampak kemarau akibat fenomena El Nino yang menyebabkan warga kekurangan air bersih. Polres Banggai terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat sehingga dapat mengurangi beban dan kesulitan mereka," ujar dia.

Baca juga: Polres Ponorogo salurkan bantuan air bersih untuk warga
 
Untuk itu, dia berharap air bersih yang disalurkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga Desa Bubung dalam menghadapi musim kemarau ini.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023