"Kami siap mengawal pawai takbiran keliling yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Banggai,"
Banggai, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Banggai, Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) menyiagakan 146 personel untuk melakukan pengamanan kegiatan pawai malam takbiran di pusat Kota Luwuk dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Kami siap mengawal pawai takbiran keliling yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Banggai," kata Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Polres Banggai Kompol Esti Prasetyo Hadi di Luwuk, Sulteng, Selasa.
 
Ia mengatakan sekitar 800 orang dari 80 masjid di daerah itu akan menjadi peserta pawai takbiran. Karena itu, pengamanan tersebut untuk memastikan dan menjamin keamanan masyarakat dalam melakukan takbiran menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri.
 
Sementara itu, kata dia, untuk shalat Idul Fitri pihaknya menurunkan 90 personel untuk mengawal pelaksanaan ibadah Shalat Idul Fitri di 10 masjid di wilayah itu.
 
"Setelah malam takbiran, paginya kami akan melaksanakan shalat Idul Fitri. Shalat dalam skala besar di Kota Luwuk ini dipusatkan di Masjid Agung An-Nur," katanya.
 
Pengamanan ini, kata dia, merupakan bagian dari pengamanan Operasi Ketupat Tinombala 2024. Polres Banggai telah menyiapkan juga 10 posko pengamanan dan tiga posko pelayanan.
 
Operasi ini untuk menjamin rasa aman bagi umat Islam dalam melaksanakan Hari Raya Idul Fitri, serta mengantisipasi pelaku tindak pidana.
 
Lanjut Esti, pengamanan shalat Idul Fitri di wilayah kecamatan pihaknya telah melimpahkan ke Polsek masing-masing.
 
Menurut dia, personel Polsek dikerahkan di sejumlah titik di wilayah masing-masing untuk memastikan dan memberi pengawalan dalam pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024