Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike berharap calon Gubernur DKI Jakarta mendatang mampu menjamin tersedianya air bersih demi mewujudkan Jakarta sebagai kota global.

"Kita berharap untuk seluruh DKI Jakarta bisa merasakan air bersih untuk mewujudkan kota global," kata Yuke dalam diskusi "Ngobrolin Jakarta" (Ngojak) bertajuk "Apa Kabar Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024" di Jakarta, Kamis.

Yuke menyayangkan hingga kini Jakarta yang dikenal sebagai kota besar masih memakai air tanah untuk sehari-hari. Karena itu pipanisasi air bersih perlu digencarkan.

Tak hanya pemakaian air tanah, masalah air yang meliputi krisis air hingga banjir sudah menjadi langganan menghiasi wilayah Jakarta hingga kini.

"Selain banjir, masalah macet kan juga menyambung ke polusi udara sehingga menjadi pekerjaan rumah (PR) untuk kita," katanya.

Karena itu, dia berharap Gubernur DKI di masa depan bisa lebih terfokus menyelesaikan masalah dengan memberi solusi nyata.

Baca juga: Survei: Ridwan Kamil unggul di simulasi 8 dan 6 nama cagub DKI
Baca juga: Ahok masuk perbincangan internal PDI Perjuangan untuk bakal cagub DKI


Dia berharap calon gubernur DKI mendatang bisa semakin meningkatkan komunikasi kepada sesama anggota DPRD demi terwujudnya sinergi birokrasi.

"Kami harap pemimpin bisa mengerti kondisi lapangan, punya ketegasan dan komunikasi yang baik bagi anak buahnya," ujarnya.

Perwakilan aktivis Pro Jakarta, Syaiful Jihad menyampaikan pendapat dan harapannya mengenai calon gubernur DKI yang mampu menjadi panutan bagi rakyat.

Dia berharap gubernur DKI selanjutnya mampu memimpin secara netral tanpa adanya keterlibatan pihak manapun.

"Dalam diskusi kami ingin menekankan apa saja dan bagaimana sosok pemimpin Jakarta yang baik di mata masyarakat," ujar Syaiful.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023