Jakarta (ANTARA) -
Perusahaan teknologi PT Solusi Sinergi Digital Tbk (kode saham: WIFI) atau Surge menggandeng Qualcomm Technologies. Inc, dalam rangka mengembangkan dan menerapkan perangkat Snapdragon X35, untuk membawa konektivitas 5G yang terjangkau ke seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Utama Surge Yune Marketatmo dalam keterangan di Jakarta, Kamis, mengatakan Snapdragon X35 5G Modem-RF System akan menjadi game changer untuk solusi 5G FWA berbiaya rendah di Indonesia yang mengisi kesenjangan digital, serta akan mengatasi masalah keterjangkauan.

"Kami yakin dapat menghadirkan konektivitas yang handal dan terjangkau bagi seluruh rumah tangga, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujar Yune.

Ia menyebut perseroan memiliki potensi besar dalam menangkap potensi pertumbuhan ekosistem 5G melalui optimalisasi jaringan serat optik di sepanjang jalur kereta di Pulau Jawa, dimana terdapat lebih dari 40 juta rumah tangga dengan kebutuhan konektivitas yang tinggi dari waktu ke waktu.

"Dengan adanya pengembangan Snapdragon X35 5G Modem-RF System, diharapkan dapat menghadirkan solusi konektivitas yang terjangkau bagi masyarakat di sepanjang jalur kereta di Pulau Jawa," ujar Yune.

Dalam pemanfaatan perangkat Snapdragon X35 5G Modem-RF System, Ia mengatakan akan berkolaborasi dengan berbagai mitra penyedia layanan internet untuk memberikan konektivitas internet yang terjangkau kepada masyarakat.

"Keunggulan dalam efisiensi biaya dan jangkauan populasi yang besar di sepanjang jalur kereta, diharapkan akan memberikan manfaat jangka panjang bagi Surge, serta berbagai mitra operator maupun ISP yang bekerjasama," ujar Yune.

Yune berharap Surge dapat memperkuat posisi sebagai penyedia infrastruktur konektivitas di industri teknologi telekomunikasi Indonesia, dan terus memberikan solusi inovatif bagi perkembangan ekosistem digital Indonesia.

"Bersama-sama dengan mitra global Qualcomm lainnya seperti AT&T, AIS 5G, China Broadnet Mobile Communications, China Mobile Research Institute, China Telecom Tianyi IoT Company, China Unicom Research Institute, DISH Wireless, Swisscomm, TIM Brazil, serta T-Mobile," ujar Yune.

Sebagai informasi, Surge adalah perusahaan infrastruktur jaringan serat optik, produk dan layanan digital, serta jaringan serat optik, yang telah bekerja sama dengan KAI melalui pengembangan jaringan serat optik di sepanjang rel kereta api sepanjang 4.000 kilometer di Pulau Jawa.

Selain itu, pembangunan jaringan serat optik juga telah dibangun di jalan tol dan jalan raya dengan total keseluruhan 5.724 kilometer (KM).

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023