Jakarta (ANTARA News) - Produsen chip Qualcomm Technologies mengenalkan prosesor smartphone terbaru, Snapdragon 410, yang sudah terintegrasi mode 4G LTE dan tidak hanya mendukung untuk sistem operasi Android serta Windows Phone, tapi juga OS Firefox dari Mozilla.

Qualcomm sudah menyiapkan prosesor yang dibuat dengan teknologi 28nm itu untuk diluncurkan pada semester pertama 2014 dan dipasarkan secara masif dalam semester berikutnya.

"Chipset Snapdragon 410 terintegrasi konektivitas selular 3G dan 4G LTE untuk semua mode utama dan band frekuensi di seluruh dunia, dan termasuk mendukung untuk Dual dan Triple SIM," kata Qualcomm dalam pernyataan di laman resminya baru-baru ini.

Prosesor yang berkemampuan 64-bit yang memiliki performa grafis superior berkat Andreno 306 GPU, video playback 1080p, dan mendukung untuk kamera di atas 13mp tersebut sudah berfitur teknologi WiFi, Bluetooth, fungsionalitas FM dan NFC, serta support untuk konstelasi semua navigasi utama seperti GPS, GLONASS, juga BeiDou China.

Snapdragon 410 akan menyasar pasar smartphone entry-level dan menengah bagi konsumen di negara-negara yang sedang tumbuh pesat serta dalam masa transisi menuju ke jaringan 4G.

Jeff Lorbeck, wakil presiden senior dan COO Qualcomm Technologies, chipset Snapdragon 410 juga akan menjadi yang pertama dari banyak prosesor berkemampuan 64-bit yang membantu transisi eko-sistem mobile ke pemrosesan 64-bit.

Qualcomm juga akan merilis versi Qualcomm Reference Design (QRD) dari prosesor Snapdragon 410 dengan mendukung Qualcomm RF360 Front End Solution.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013