Hangzhou (ANTARA) - Perdagangan digital China mencapai kemajuan luar biasa dari segi skala pada 2022, sementara daya saing globalnya terus meningkat, demikian disampaikan seorang pejabat Kementerian Perdagangan China pada Kamis (23/11).

Pada 2022, nilai perdagangan jasa yang dilakukan secara digital di China naik 3,4 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 372,71 miliar dolar AS atau mencapai titik tertinggi dalam sejarah, kata Wang Dongtang, pejabat dari Kementerian Perdagangan China, saat upacara pembukaan Pameran Perdagangan Digital Global (Global Digital Trade Expo) kedua di Hangzhou, ibu kota Provinsi Zhejiang, China timur.

Pada periode tersebut, skala impor dan ekspor e-commerce lintas perbatasan mencapai 2,11 triliun yuan atau sekitar 296,3 miliar dolar AS, naik 9,8 persen (yoy), tutur Wang saat merilis sebuah laporan mengenai perkembangan perdagangan digital China pada 2022.

Hingga akhir 2022, jumlah perusahaan platform jasa digital China dengan nilai pasar individual lebih dari 1 miliar dolar AS telah melampaui angka 200, ujarnya.

Perdagangan digital menjadi mesin baru bagi upaya China untuk membangun negara perdagangan yang kuat serta alat baru untuk keterbukaan kelembagaan tingkat tinggi, Wang menuturkan.

Dia juga menambahkan bahwa berbagai upaya akan dilakukan untuk memperkuat desain tingkat tinggi, mengembangkan bentuk-bentuk bisnis baru, sekaligus menyelaraskan aturan perdagangan digital dengan standar yang tinggi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023