Athena, Yunani (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis di Maximos Mansion, Athena, Yunani, Jumat pagi waktu setempat.

Ma'ruf yang mengenakan pakaian sipil lengkap berpeci tiba di Maximos Mansion pukul 09.30 waktu setempat dan disambut langsung PM Mitsotakis di depan pintu masuk Maximos Mansion. Keduanya kemudian berfoto bersama sebelum memasuki kantor resmi PM Yunani itu.

Cuaca yang hangat menyelimuti Athena saat keduanya berjalan masuk ke Maximos Mansion yang terletak di tengah kota dan berseberangan dengan Taman Nasional Athena (Athens National Garden).

Wapres Ma'ruf dan PM Mitsotakis selanjutnya memasuki ruangan dan memulai pertemuan secara tertutup.

Hingga laporan ini ditulis, kedua pemimpin masih menggelar pertemuan secara tertutup.

Pertemuan dengan PM Mitsotakis digelar di hari ketiga kunjungan kenegaraan Wapres Ma'ruf ke Yunani. Ini merupakan lawatan kerja pertama Ma'ruf ke negara-negara Eropa.

Dalam pertemuan itu, Wapres didampingi oleh Duta Besar RI untuk Yunani Bebeb A.K. Nugraha Djundjunan, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, dan Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi.

Sebelum bertemu PM Mitsotakis, Wapres juga melakukan pertemuan dengan Uskup Agung Athena dan seluruh Yunani, Ieronymos II, dan Wakil Ketua I Parlemen Yunani Ioannis Plakiotakis.

Kepada pimpinan parlemen dan tokoh agama Yunani tersebut, Ma'ruf membahas mengenai pentingnya menjaga perdamaian dunia, penguatan toleransi beragama hingga upaya mempererat hubungan kerja sama kedua negara di bidang ekonomi.

Setelah dari Yunani, Wapres akan melanjutkan kunjungan kerja ke Slovakia dan Malaysia hingga 29 November 2023.
Baca juga: Wapres ajak pemimpin agama di Yunani akhiri konflik Israel-Palestina
Baca juga: Wapres bahas penguatan hubungan bilateral RI dan Yunani
Baca juga: Ma'ruf Amin dan Uskup Agung Yunani tukar pandangan soal keberagaman
Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin sempatkan jalan pagi di Taman Nasional Athena

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023