Kunjungan ini tidak hanya bertujuan untuk memperdalam kerjasama di bidang pendidikan, tetapi juga untuk menjajaki potensi kolaborasi riset dan pengembangan
Makassar (ANTARA) - Rombongan University of Toyama, Jepang, mengunjungi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, dalam rangka merealisasikan kolaborasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, utamanya pengembangan riset.

Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa, mengatakan kunjungan ini menjadi landasan bagi terjalinnya hubungan yang erat dan produktif di masa mendatang. Sekaligus mendiskusikan bersama kolaborasi yang dapat dilakukan kedua pihak.

Baca juga: Perwakilan 15 kampus ikuti Stundent Camp NUNI 2023

"Kami sangat senang menyambut delegasi dari University of Toyama di kampus kami. Ini adalah langkah yang signifikan dalam membangun jembatan antara dua budaya akademis yang kaya," ujar Prof JJ dalam keterangannya yang diterima di Makassar, Jumat.

Ia menjelaskan, kunjungan ini tidak hanya bertujuan untuk memperdalam kerjasama di bidang pendidikan, tetapi juga untuk menjajaki potensi kolaborasi riset dan pengembangan, menciptakan milestone baru bagi kedua institusi.

President University of Toyama, Jepang Prof Dr Shigeru Saito, menyampaikan ungkapan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Unhas, dirinya banyak memberikan gambaran tentang University of Toyama termasuk pengembangan riset yang dilakukan.

Menurutnya, kolaborasi yang terjalin bersama Unhas nantinya akan membawa dampak positif tidak hanya bagi kedua universitas tetapi juga bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tingkat global.

Baca juga: FEB Unhas gelar konferensi internasional ICAME bahas ekonomi inklusif

Dalam kunjungan tersebut, salah satu titik fokus yang didiskusikan bersama adalah penjajakan kerjasama dalam bidang riset melalui program kolaboratif yang bertujuan meningkatkan pertukaran peneliti bersama yang dapat memberikan kontribusi signifikan pada perkembangan ilmu pengetahuan.

Hal ini diharapkan dapat memberikan peluang bagi mahasiswa dan dosen untuk terlibat dalam riset internasional yang berkualitas tinggi.

Selain itu, penguatan kemitraan dengan melibatkan pertukaran mahasiswa antar universitas. Program pertukaran ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang beragam bagi mahasiswa, membuka wawasan terhadap budaya dan sistem pendidikan yang berbeda.

Kolaborasi nantinya tidak hanya memberikan manfaat bagi kedua universitas, tetapi juga membuka pintu bagi terobosan ilmiah dan perkembangan personal yang berkesinambungan.

Dengan semangat kolaboratif yang kuat, Unhas dan Toyama University menandai awal perjalanan panjang menuju keunggulan bersama dan kontribusi positif terhadap masyarakat global.

Prof Shigeru Saito ke Makassar, turut didampingi Prof Dr Masayuki Ikeda (Executive Vice President), Prof Dr Kouhei Matsuda (Dekan Fakultas Sains) dan beberapa jajaran pimpinan lainnya.

Baca juga: Unhas tetapkan Peraturan Rektor terkait kampanye di dalam kampus

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023