Saya punya keinginan agar masyarakat Sulbar lebih banyak lagi yang mengambil program magister dan doktor di perguruan tinggi yang masuk lima besar, atau paling tidak yang masuk 10 besar terbaik nasional
Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jawa Tengah untuk peningkatan SDM di Sulbar.

Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh pada sosialisasi penerimaan mahasiswa baru bersama UNS Surakarta
di Mamuju Jumat mengatakan, kerja sama yang dilakukan itu merupakan upaya untuk mendorong pengembangan SDM, khususnya guru dan siswa di Provinsi Sulbar.

"Saya punya keinginan agar masyarakat Sulbar lebih banyak lagi yang mengambil program magister dan doktor di perguruan tinggi yang masuk lima besar, atau paling tidak yang masuk 10 besar terbaik nasional," kata Zudan Arif Fakrulloh.

Melalui kerja sama itu, kata Zudan, akan membuka peluang kepada seluruh putra/putri Sulbar, baik ASN, siswa, guru, dan tenaga kesehatan agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Kerja sama itu juga memberi peluang kepada putra/putri di Sulbar diterima di UNS untuk melanjutkan jenjang pendidikan S1 dan S2, termasuk dokter spesialis dan guru serta kepala sekolah dan masyarakat umum.

"Juga untuk anak SMA dan SMK, bisa masuk di perguruan tinggi terbaik di Indonesia, salah satunya di UNS Surakarta," kata Zudan Arif Fakrulloh.

Melalui kerja sama itu, pada tahun 2024 banyak putra/putri Sulbar yang dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi ternama seperti UNS Surakarta.

"Apalagi saat ini Pemprov Sulbar memiliki program pengembangan beasiswa bagi seluruh ASN dan masyarakat umum," katanya. 

Pada kesempatan itu, penjabat gubernur itu juga menyampaikan bahwa berbagai dukungan juga diharapkan untuk suksesnya pengembangan SDM di Sulbar itu.

Salah satunya, ia meminta dukungan kepada DPRD dan berharap program pokir DPRD bisa dimanfaatkan untuk pengembangan SDM dengan menyediakan program untuk beasiswa.

"Sehingga guru-guru bisa melanjutkan jenjang pendidikan S2, syukur-syukur bisa S3 sehingga kualitas pendidikan bisa cepat meningkat tinggi," kata Zudan.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret Surakarta Hadiwiyono menyambut baik langkah yang dilakukan Pemprov Sulbar tersebut.

Menurutnya, dengan kerja sama yang dilakukan tersebut, UNS Surakarta dapat berkontribusi dalam pengembangan SDM di Sulbar.

"Kami menyambut baik program luar biasa yang dilakukan Pemprov Sulbar, dan kami siap menindaklanjuti. Harapannya, UNS dapat berpartisipasi dalam pengembangan SDM di Provinsi Sulbar," kata Hadiwiyono.

Pewarta: Amirullah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023