Indonesia telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam memerangi malnutrisi selama dua puluh tahun terakhir. Angka stunting pada balita turun dari lebih dari 40 persen pada 2000 menjadi di bawah 30 persen pada 2022
Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian Dida Gardera menyampaikan komitmen Indonesia untuk mengurangi prevalensi gizi buruk pada anak dari 10,2 persen pada 2018 menjadi kurang dari 7 persen pada 2024.

Hal itu ia sampaikan dalam forum Global Food Security Summit 2023 di London, Inggris, Senin (20/11).

“Indonesia telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam memerangi malnutrisi selama dua puluh tahun terakhir. Angka stunting pada balita turun dari lebih dari 40 persen pada 2000 menjadi di bawah 30 persen pada 2022,” kata Dida di Jakarta, Jumat.

Dida juga menekankan kembali pentingnya kerja sama antar bangsa dan berbagai pihak untuk berkolaborasi dalam menghilangkan kelaparan dan mengakhiri malnutrisi, khususnya child wasting.

Sebagai informasi, child wasting adalah kondisi anak yang berat badannya menurun seiring waktu hingga total berat badannya jauh di bawah standar kurva pertumbuhan.

Menurut Dida, dunia perlu mendorong perubahan jangka panjang terhadap kelaparan dan malnutrisi. Dukungan seluruh pihak diperlukan guna meningkatkan ketahanan pangan dengan mengembangkan tanaman yang tahan terhadap perubahan iklim dan meningkatkan pendanaan untuk mengatasi malnutrisi anak yang sudah cukup memprihatinkan.

Masyarakat internasional didesak segera mengatasi penyebab utama kerawanan pangan, membangun sistem pangan yang lebih tangguh dan segera bertindak untuk mencegah krisis pangan dan kekurangan gizi.

"Perubahan iklim, konflik, dampak jangka panjang COVID-19, dan dampak invasi Rusia ke Ukraina terhadap pasokan pangan global merupakan pendorong utama kerawanan pangan. Banyak anak dalam keadaan lapar dan kurang gizi," ujar Dida.

Adapun Global Food Security Summit menyerukan persatuan untuk mengubah dan mencari solusi dan mengatasi kelaparan dan malnutrisi. Ilmu pengetahuan mutakhir dan kemitraan inovatif akan membantu negara-negara menciptakan dunia yang lebih sehat, aman, dan sejahtera bagi manusia terutama anak-anak dan perempuan.

Global Food Security Summit 2023 secara resmi dibuka oleh Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak dan ditutup oleh Menteri Luar Negeri David Cameron.

Di sela-sela summit, dalam berbagai kesempatan Indonesia juga dipuji terkait kebijakan penanganan pandemi COVID-19 yang tetap mampu menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Kemenko Perekonomian: Singapura tertarik dengan talenta fintech RI

Baca juga: Airlangga minta pemuda siap transformasi sambut Indonesia Emas 2045

Baca juga: Pemerintah siapkan strategi kebijakan untuk dorong ketahanan ekonomi

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023