Solo (ANTARA) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menargetkan perolehan dua medali emas pada pekan ilmiah mahasiswa nasional (Pimnas) 2023, yang diselenggarakan di Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada 26-30 November 2023.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Ahmad Yunus di sela pelepasan mahasiswa Kontingen Pimnas 2023 di Solo, Jawa Tengah, Jumat, mengatakan ada 17 tim yang akan diberangkatkan oleh UNS.

"17 tim ini, ada 12 diantaranya dari Fakultas MIPA, satu tim dari Fakultas Pertanian, satu tim dari Fakultas Teknik, satu tim dari FKIP, satu tim dari Fakultas Psikologi, dan satu tim dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis," katanya.

Baca juga: UNS beri bantuan untuk mahasiswa asal Palestina

Baca juga: Mahasiswa UNS kembangkan permen kapas peningkat trombosit


Ia mengatakan sebelum keberangkatan, para mahasiswa sudah menerima pembekalan selama tiga hari.

"Harapannya adik-adik melengkapi apa yang kurang, baik penguasaan materi, perlengkapan presentasi, dan dokumentasi maupun administrasi yang lain, terkhusus penguasaan materi anggota tim," katanya.

Terkait hal itu, pihaknya juga sudah mendatangkan dua reviewer dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Bapak ibu pembimbing sudah memberikan trik khusus. Saya minta pembimbing agar memberikan arahan, seluruh ilmunya kepada mahasiswa yang dibimbing. Reviewer akan menanyakan sedalam-dalamnya," katanya .

Dengan demikian, diharapkan keberhasilan UNS pada pelaksanaan Pimnas dua tahun lalu dapat diraih kembali. "Walaupun tidak sebesar yang kami harapkan, minimal seperti dua tahun lalu, dapat dua emas," katanya.

Baca juga: Alumnus FK UNS dikabarkan gugur di Gaza

Sementara itu, Pelaksana Tugas Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis, dan Informasi UNS, Irwan Trinugroho mengatakan tahun lalu UNS memperoleh satu perak.

"Tahun ini ditargetkan rekan-rekan mendapatkan dua medali emas. Insya Allah dapat tercapai," katanya.

Ia mengatakan pada Pimnas kali ini UNS memberangkatkan sebanyak 17 tim, terdiri atas 77 mahasiswa dan 13 dosen pendamping.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023