Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, 251 warga Aceh Selatan, Aceh, hingga Jumat masih bertahan di pengungsian karena kondisi rumah mereka masih terendam banjir sedalam satu meter.

"Hujan dengan intensitas tinggi kembali mengguyur wilayah Aceh Selatan pada Selasa (21/11), hal itu membuat banjir masih bertahan bahkan meluas hingga 14 kecamatan dan berdampak pada 3.999 KK," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya disiarkan di Jakarta.

Baca juga: Pemkab Aceh Selatan kerahkan 10 alat berat tangani banjir bandang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan bersama tim gabungan telah menyiagakan pos pengungsian dan shelter di tiga titik meliputi Kompi Brimob Lhok Raya, Shelter Lhok Raya, dan Shelter Cot Bayu.

"Adapun rinciannya, 140 jiwa berada di pos pengungsian Kompi Brimob yang terdiri dari 82 orang dewasa, 46 anak-anak, dan 9 orang lansia. Sementara itu, enam orang mengungsi di Shelter Lhok Raya, 90 orang di Shelter Cot Bayu, dan 20 orang lainnya mengungsi di rumah kerabat terdekat," ujar Abdul.

Baca juga: Polda kerahkan personel evakuasi warga terjebak banjir di Aceh Selatan

Demi memenuhi kebutuhan dasar dan permakanan, BPBD Kabupaten Aceh Selatan bersama dengan pihak terkait mendirikan dapur umum di delapan titik lokasi yaitu di Kompi Brimob, Pos BPBD Aceh Selatan, Desa Naca, Desa Jambo Papeun, Desa Ie Jireuneeh, Desa Krueng Batee, Desa Pulo Paya, Desa Kampung Teungoh, dan Desa Blang Teungoh. Pemenuhan kebutuhan logistik dapur umum ini juga dibantu oleh warga desa tetangga.

Di sisi lain, BPBD Aceh Selatan juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan PMI untuk memastikan kondisi kesehatan masyarakat di tiap-tiap pos pengungsian terjamin.

Baca juga: BPBD: 2.500 warga terdampak banjir bandang di Aceh Selatan

Melalui laporan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Selatan Zainal kendala penanganan banjir Aceh Selatan ada pada akses mobilitas, terlebih untuk evakuasi warga terdampak.

Aceh Selatan lumpuh total setelah sebelumnya wilayah Trumon Raya diguyur hujan deras pada Rabu (15/11), yang menyebabkan banjir.

Baca juga: Empat sekolah rusak berat akibat banjir bandang di Aceh Selatan

Wilayah Ladang Rimba lanjut Zainal juga diterjang banjir bandang beserta lumpur pada Senin (20/11). Jalan nasional tergenang banjir dan hanya memungkinkan dilewati oleh kendaraan roda enam serta perahu karet.

"Kebutuhan bantuan yang darurat saat ini adalah perahu karet, karena selama ini pakai perahu fiber kesulitan untuk mencapai wilayah pedalaman, kemudian kebutuhan lainnya adalah alat berat, bahan bakar, dan kebutuhan logistik", jelas Zainal.

Baca juga: Ditlantas: Lalu lintas di titik banjir Aceh Selatan sudah bisa dilalui

BPBD Kabupaten Aceh Selatan hingga hari ini terus mengimbau warga untuk selalu waspada akan naiknya tinggi muka air, setelah BMKG merilis informasi prakiraan cuaca yang menunjukkan adanya kemungkinan turun hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir pada 24-25 November 2023, termasuk antisipasi apabila ada banjir kiriman dari Kabupaten Aceh Tenggara.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023