....kami juga melakukan persiapan dari sisi di destinasinya diperbaiki.
Garut (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Jawa Barat, terus membenahi tempat wisata yang dikelola pemerintah daerah untuk menyambut libur akhir tahun agar wisatawan yang datang ke Garut memiliki kesan menarik dan mau berkunjung lagi.

"Untuk infrastruktur destinasi persiapan libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) kami sudah siap, kami juga melakukan persiapan dari sisi di destinasinya diperbaiki," kata Kepala Disparbud Kabupaten Garut Agus Ismail saat dihubungi melalui telepon seluler di Garut, Jumat.

Ia menuturkan Disparbud Garut terus melakukan upaya pembenahan terhadap seluruh destinasi wisata di Garut, khususnya yang dikelola langsung oleh pemerintah daerah.

Ia menyebutkan destinasi wisata milik pemerintah yang siap menyambut musim libur akhir tahun yakni Situ Cangkuang di Kecamatan Leles, kemudian Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, dan wisata alam lainnya di kawasan selatan Garut yakni wisata pantai.

"Prioritas yang dikelola pemerintah yaitu Bagendit, Cangkuang, lalu daerah selatan seperti Pantai Santolo dan Rancabuaya. Untuk infrastruktur wisata sudah selesai," katanya.

Ia menyampaikan persiapan lainnya yaitu akses jalan utama dari luar daerah menuju Garut juga sudah bagus, begitu juga dari jalan raya ke kawasan destinasi wisata sudah dilakukan perbaikan untuk kenyamanan saat dilintasi kendaraan bermotor.

"Secara umum setidaknya memberikan kenyamanan untuk akses menuju tempat wisata, seperti kondisi jalan utamanya sudah bagus," katanya.

Ia menyampaikan, sejumlah ruas jalan yang dilakukan perbaikan di tahun anggaran 2024 di antaranya Jalan Hasan Arif sebagai akses menuju Situ Bagendit, kemudian jalan menuju wisata Gunung Papandayan, maupun Jalan Samarang.

Namun perbaikan jalan itu, kata dia, baru sebagian, belum seluruhnya akses jalan menuju objek wisata diperbaiki, sehingga beberapa titik jalan masih ada kerikilnya, tapi setidaknya perbaikan jalan yang sudah selesai dapat memberikan kenyamanan wisatawan.

Ia berharap musim libur akhir tahun yang bersamaan dengan musim kampanye Pemilu 2024 bisa mendongkrak lebih banyak wisatawan atau mobilisasi orang untuk datang berwisata ke Garut.

"Terkait masalah kunjungan wisata itu tergantung cuaca juga, apalagi di Garut ini banyak wisata alamnya," kata Agus.




 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023