mari kita siapkan bekal akhirat agar tidak menjadi pengemis
Makassar (ANTARA) - Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Prof Muhammad Nuh mengajak peserta Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) XVI Wahdah Islamiyah agar menjadikan wakaf sebagai gaya hidup.

"Mari membangun inisiatif kita dalam melakukan gerakan wakaf. Maka tugas kita sekarang adalah bagaimana meneruskan ini, memajukan dan mensosialisasikannya ke masyarakat,” urainya saat memberikan
paparan tentang wakaf dengan tema “Era Baru: Wakaf sebagai Lifestyle” di Makassar, Jumat.

Dalam kesempatan itu, Prof Mohammad Nuh didampingi Pemimpin Umum Wahdah Islamiyah KH Muhammad Zaitun Rasmin dan Legislator RI Tamsil Linrung meluncurkan Program Wakaf Uang Wahdah Islamiyah sebelum memberikan materi ceramahnya.

Diawal ceramah kebangsaan, Prof Mohammad Nuh menitikberatkan persoalan wakaf ini sebagai bagian dari gaya hidup. Ia mengatakan bahwa wakaf ini sudah jelas dan terang. Sudah teruji dan sudah ada bukti sejak zaman nabi.

Baca juga: Menteri ATR/BPN serahkan sertifikat tanah wakaf di Kabupaten Malang
Baca juga: 310.539 warga terima manfaat program kesehatan Dompet Dhuafa


Menurut dia, wakaf bukanlah hal yang baru, wakaf telah ada sejak dahulu dan telah teruji. Ummat Islam jaya dengan wakaf, terlebih di zaman Turki Utsmani.

“Kalau disuruh memilih, berwakaf uang langsung banyak atau sedikit saja tapi rutin. Kalau boleh jujur lebih baik pilihan yang kedua, tidak mengapa sedikit asalkan rutin dan berkelanjutan,"

Wakaf, kata Menteri Pendidikan Indonesia Masa Bakti 2009-2014 ini, merupakan zakat adalah bagian dari ikhtiar kita menyiapkan bekal untuk kehidupan akhirat.

“Mari kita siapkan bekal akhirat agar tidak menjadi pengemis dan gelandangan di sana,” katanya, sembari menyetir QS Al Kahfi ayat 110.

Prof Mohammad Nuh menguraikan bahwa wakaf bukan hanya investasi akhirat, tetapi juga investasi yang manfaatnya bisa didapat di dunia dan di akhirat, bagi diri sendiri dan masyarakat.

Beberapa contoh sukses wakaf di Tanah Air yang ia deskripsikan dalam ceramah tersebut adalah RS Mata Wakaf Achmad Wardi di Kota Serang, Banten yang menarget sebanyak 2.513 pasien selama lima tahun dan pengadaan mobil ambulance gratis.

Baca juga: Wamen ATR sebut tanah wakaf harus aman dari gangguan mafia tanah
Baca juga: BEI sebut total aset wakaf saham baru capai Rp280 juta


Sebelum menutup ceramahnya, Prof Nuh menjelaskan bahwa wakaf yang sukses manakala para nazir sudah mencapai level nazir 3.0, artinya nazir itu bisa kelola wakafnya, otaknya cerdas, dia bisa memperbanyak pewakif, dan melahirkan pewakif-pewakif baru.

“Nazir itu harus expert di bidang pengelolaan aset umat. Bisa membaca, menangkap dan menciptakan peluang, menjadi real power. Punya sertifikasi kompetensi, kemampuan melipatgandakan nilai aset,” urai dia.

Sementara Pemimpin Umum Wahdah Islamiyah KH Muhammad Zaitun Rasmin mengatakan, untuk mendampingi program nasional wakaf uang ini, pihaknya telah membentuk satu badan khusus bernama One Wakaf.

Baca juga: Platform Satu Wakaf Indonesia dan MPIHI diluncurkan dalam ISEF 2023
Baca juga: Kemenag: Pemanfaatan dana wakaf bisa untuk bangun faskes

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023