Beijing (ANTARA) - Jumlah perjalanan penumpang China secara keseluruhan melonjak pada Oktober, demikian disampaikan Kementerian Perhubungan China pada Kamis (23/11).

Lalu lintas penumpang antarwilayah di China melonjak 50,2 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi 5,34 miliar pada Oktober 2023, kata Sun Wenjian, juru bicara kementerian tersebut, dalam konferensi pers.

Di antara semua jenis transportasi, perjalanan menggunakan penerbangan sipil menempati posisi teratas, meroket 252 persen (yoy) pada Oktober, disusul oleh peningkatan 194,1 persen untuk perjalanan dengan kereta dan kenaikan 117,3 persen untuk perjalanan via jalur air.

Sementara itu, perjalanan darat menggunakan jalan raya meningkat 44 persen, ujar Sun.

Pada bulan yang sama, transportasi kargo komersial naik 11,7 persen (yoy) ke angka 4,82 miliar ton, sementara keluaran kargo di pelabuhan-pelabuhan China meningkat 8,1 persen menjadi 1,49 miliar ton, menurut juru bicara kementerian tersebut.

Investasi aset tetap di bidang transportasi mencapai 3,23 triliun yuan atau sekitar 453,58 miliar dolar AS dari Januari hingga Oktober 2023, yang menunjukkan pertumbuhan tahunan sebesar 4,3 persen.

Hal ini meletakkan dasar yang kokoh untuk memenuhi target investasi tahunan dan menyediakan dukungan layanan yang kuat guna mendorong pemulihan ekonomi secara keseluruhan, kata Sun.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023