Angka UHC 96,47 persen ini warga Depok yang terdaftar menjadi peserta JKN, namun ada yang aktif dan tidak
Depok (ANTARA) - Deputi Direksi Wilayah V Jawa Barat BPJS Kesehatan Arief Syaefuddin menyatakan Kota Depok telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) jaminan kesehatan dengan 96,47 persen atau 1,8 juta penduduk yang menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Kita kategorikan Kota Depok UHC karena sudah mencapai di angka 96,47 persen yang menjadi peserta BPJS Kesehatan," kata Deputi Direksi Wilayah V Jawa Barat BPJS Kesehatan Arief Syaefuddin saat acara Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 59 di Taman Alun Alun Kota Depok GDC Depok, Sabtu.

Baca juga: BPJS Kesehatan: Cakupan kepesertaan JKN capai 265 juta jiwa

Arief Syaefuddin mengatakan angka UHC 96,47 persen ini warga Depok yang terdaftar menjadi peserta JKN, namun ada yang aktif dan tidak.

"Tidak aktif ini (peserta) menunggak iuran BPJS Kesehatan, tadinya bekerja dibayarkan perusahaan, kemudian tidak bekerja tapi belum beralih ke mandiri," tutur Arief Syaefuddin.

Pencapaian UHC di Kota Depok memudahkan warga untuk berobat, misalnya warga ada yang sakit kategori tidak mampu bisa menjadi peserta JKN yang dibayarkan oleh pemerintah daerah melalui APBD.

"Kategori Depok mencapai UHC yaitu UHC non cut off. Warga ber KTP Depok yang mau berobat dengan kategori tidak mampu bisa pakai KTP, didaftarkan di kelas tiga oleh pemerintah kota," katanya.

Baca juga: Pemkab Kediri capai UHC dengan 96,48 persen kepesertaan JKN

"Prosedurnya yang disampaikan Pak Wali Kota Depok bisa dari rumah sakit. Ini cukup mudah," ujarnya.

Ia menambahkan di Kota Depok fasilitas kesehatan (faskes) cukup banyak sehingga mudah mengakses pelayanan kesehatan.

"Kota Depok beruntung banyak faskes tentu harapan kami (BPJS Kesehatan) komitmen janji layanan bisa dipenuhi. Jadi tidak ada kekhawatiran (bagi peserta BPJS Kesehatan) di nomor duakan (saat berobat)," ungkapnya.

Sementara itu Wali Kota Depok Mohammad Idris menambahkan Kota Depok UHC 96,47 persen ini sudah memenuhi standar.

Jadi kata Mohammad Idris tinggal 78 ribu orang warga Depok yang belum ter-'cover' jaminan kesehatan nasional atau JKN.

"Minimal mendapatkan UHC, dengan harapan di Desember 2023 sudah mencapai 98 persen," kata Mohammad Idris.

Baca juga: Dinkes DKI saring kepesertaan JKN agar anggaran lebih efektif

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023