Saya senang laporan Mas Menteri kita sudah memiliki sedikitnya 50.000 guru penggerak, di mana 9.000 di antaranya sudah menjadi kepala sekolah. Dan besar harapan saya jumlah ini dapat terus meningkat dan tadi disampaikan tahun depan bisa mencapai kura
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo berharap jumlah guru penggerak di Indonesia dapat terus bertambah hingga mencapai 100.000 orang pada 2024.

Harapan itu disampaikan Presiden kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Guru Nasional: "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar" di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.

"Saya senang laporan Mas Menteri kita sudah memiliki sedikitnya 50.000 guru penggerak, di mana 9.000 di antaranya sudah menjadi kepala sekolah. Dan besar harapan saya jumlah ini dapat terus meningkat dan tadi disampaikan tahun depan bisa mencapai kurang lebih 100.000," tutur Jokowi.

Baca juga: Jokowi tunjuk seorang guru penggerak asal Sigi jadi kepala sekolah

Baca juga: Jokowi: Saya bisa jadi Presiden karena guru


Guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid.

Jokowi mengatakan guru penggerak diperlukan agar Indonesia memiliki pemimpin di setiap sekolah yang terampil berinovasi dan bertransformasi.

Pada kesempatan itu juga berharap guru honorer yang lolos seleksi aparatur sipil negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat terus meningkat hingga satu juta guru di 2024.

"Tadi Mas Menteri menyampaikan rekrutmen guru ASN-PPPK 2021-2022, telah terdapat 544.000 guru honorer yang lolos seleksi ASN-PPPK. Dan pada 2024 akan mencapai kurang lebih nantinya 1 juta ASN-PPPK," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut 544 ribu guru honorer lolos seleksi ASN PPPK

Baca juga: Presiden Jokowi soroti tingginya tingkat stres pada guru

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023