Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa penting di Indonesia terjadi selama sepekan, Senin (20/11) sampai Sabtu (25/11) yang disiarkan ANTARA, dan masih layak anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. TNI AL siapkan kapal-kapal angkut logistik Pemilu 2024

TNI Angkatan Laut menyiapkan armada kapal angkatan laut (KAL) dan kapal perang KRI untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke daerah-daerah kepulauan yang hanya dapat diakses lewat jalur laut.

Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, di sela-sela apel komandan satuan di Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta, Selasa, mengatakan pengerahan kapal-kapal tersebut dilakukan setelah ada permintaan dari KPU.

Selengkapnya baca di sini

2. Paripurna DPR setujui Agus Subiyanto jadi calon panglima TNI

Rapat Paripurna ke-9 DPR RI Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 di Jakarta, Selasa, menyetujui Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI seperti diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR.

"Apakah laporan Komisi I DPR RI atas hasil uji kelayakan, fit and proper test, calon panglima TNI tentang pemberhentian Laksamana TNI Yudo Margono dan menetapkan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI tersebut dapat disetujui?" tanya Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna DPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini

3. Gibran siap terima teguran Bawaslu usai hadir Silaturahmi Desa Bersatu

Calon Wakil Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka siap menerima teguran dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) usai menghadiri acara Silaturahmi Desa Bersatu di Jakarta, Minggu (19/11).

Saat dikonfirmasi di Solo, Jawa Tengah, Selasa, Wali Kota Surakarta tersebut mengatakan hanya datang sebagai undangan.

Selengkapnya baca di sini

4. BPJS Kesehatan dukung skrining riwayat kesehatan petugas Pemilu 2024

BPJS Kesehatan siap mendukung penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 melalui optimalisasi layanan skrining riwayat kesehatan bagi seluruh petugas pemilihan umum tahun 2024.

Hal ini ditandai dengan diterbitkannya Surat Edaran Bersama (SEB) antara Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilihan Umum dan BPJS Kesehatan yang dikoordinir oleh Kantor Staf Presiden (KSP), terkait Pelaksanaan Skrining Riwayat Kesehatan dan Optimalisasi Kepesertaan Aktif Program Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Petugas Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Selengkapnya baca di sini

5. Polri tegaskan netralitas Pemilu 2024 adalah harga mati

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menegaskan bahwa netralitas dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 adalah komitmen harga mati bagi seluruh jajaran kepolisian di Indonesia demi menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

“Jadi netralitas Polri adalah harga mati untuk menjaga persatuan dan kesatuan untuk menjaga NKRI,” kata Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho sebagaimana keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023