Jakarta (ANTARA) - Rumah Indonesia Maju (RIM) menyiapkan posko-posko di seluruh Indonesia untuk kelompok relawan dan koalisi partai, sebagai upaya pemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming.

"Posko-posko RIM akan dibangun sebanyak mungkin, sebagai ujung tombak pemenangan Prabowo-Gibran di seluruh Indonesia," kata Direktur RIM Panel Barus dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Barus yang juga Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran menyatakan posko-posko itu akan menjadi tempat konsolidasi bersama, seluruh kekuatan pendukung pasangan nomor urut 2.

Sementara itu, Direktur Kegiatan Jaringan RIM Wiwik Widyanarko menyatakan posko-posko RIM yang dibangun akan menjadi rumah bersama bagi seluruh kelompok relawan, koalisi partai pendukung dan calon legislatif.

"Kami akan secara bersama-sama menyatukan gerakan dalam memenangkan Prabowo-Gibran dengan membangun posko ini di seluruh Jawa Tengah dengan menggandeng milenial dan gen Z," jelasnya.

Lanjut dia, Pemilu 2024 nanti harus menjadi pesta demokrasi yang sejuk dan damai serta tidak diwarnai dengan konflik atau gesekan. Pemilu yang asyik kata dia, adalah Pemilu yang prosesnya berjalan damai dan masyarakat tetap bersatu dan tidak terpecah belah.

Sebelumnya, Bala Muda 08 bekerja sama dengan Rumah Indonesia Maju (RIM) dan Projo Kota Semarang, menggelar kegiatan bersih-bersih kota, cosplay hingga parade gemoy.

Ketua Umum Bala Muda 08 Jawa Tengah Didik Armansyah mengatakan generasi muda selalu identik dengan pelopor munculnya segala inovasi. Menurut dia, kaum muda harus ikut berperan aktif dalam pesta demokrasi.

"Besarnya jumlah pemilih muda turut menentukan nasib bangsa ke depan," ujarnya.

Lanjut dia, mereka telah berkomitmen untuk mengajak anak-anak muda di Jawa Tengah untuk aktif dan mendukung Prabowo-Gibran. pasangan itu dianggap paling serius dan berkomitmen melanjutkan program Presiden Jokowi.

Selain itu, hadirnya sosok Gibran sebagai calon wakil presiden (Cawapres) Prabowo, merupakan representasi kaum muda dalam panggung politik. Gibran merupakan perwakilan kaum muda yang dapat menjadi aktor penting dalam menciptakan sebuah kebijakan, yang hadir untuk kesejahteraan masyarakat secara luas.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Selasa, 14 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Peserta Pilpres 2024 terdiri atas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023