Pontianak (ANTARA) - Pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md telah mempersiapkan rencana kampanye dari wilayah barat dan timur Indonesia dengan titik akhir berada di wilayah tengah Indonesia.

Meski demikian baik Ganjar maupun Mahfud belum buka suara mengenai kota mana yang akan menjadi titik start maupun finish rangkaian kampanye nasional tersebut.

"Ya Insyaallah saya akan menyiapkan, mungkin saya dari timur, Pak Mahfud dari barat Mungkin kita akan bertemu di tengah. Ya sudah, pokoknya dari Indonesia paling timur dan paling barat," kata Ganjar usai menghadiri acara Senam Sehat di Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu.

Namun Ganjar enggan berkomentar apakah timnya telah menyiapkan strategi khusus dalam kampanyenya.

Saat ditanya soal target pemilu di Kalimantan Barat, Ganjar mengatakan hal itu akan terlebih dulu dirapatkan dengan partai pengusung, relawan dan kelompok masyarakat.

"Seluruh partai pengusung akan membicarakan termasuk suara-suara daerah dan relawan termasuk kelompok-kelompok masyarakat. Kami untuk kuantitas akan kita serahkan, tapi yang penting adalah kawan-kawan bisa kompak, bisa bergerak bersama-sama," ujarnya.

Lebih lanjut Ganjar juga berharap pemilu bisa berjalan lancar dan masyarakat Kalbar tidak ada yang golput dan bersedia menggunakan hak pilihnya untuk memilih calon presiden-calon wakil presiden sesuai dengan hati nuraninya.

"Sehingga proses pemilunya lancar pada saat hari pencoblosan mereka semua menggunakan hak pilihnya," kata Ganjar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar-Mahfud ikuti Senam Sehat bersama masyarakat Kalbar
Baca juga: Ganjar Pranowo hadiri pengukuhan TPD Sulsel di Makassar  

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023