Tangerang (ANTARA) - Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Tangerang Iskandar Nordat menyebutkan bahwa sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berkontribusi dalam menjaga stabilitas ekonomi daerah, sehingga upaya meningkatkan kinerja UMKM harus terus dilakukan.

"Jadi yang signifikan itu upaya pelaku usaha UMKM dalam operasi dan peningkatan usahanya bagus, artinya indikator perekonomian kita terus berjalan," ucap Nordat di Tangerang, Minggu.

Menurutnya, perbaikan dan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di daerahnya saat ini merupakan hasil peran serta pelaku UMKM yang turus bertahan dalam mengelola usahanya.

Sehingga, hal tersebut perlu didorong oleh semua pihak agar sektor pelaku usaha UMKM bisa meningkatkan produknya di tengah era digitalisasi saat ini.

"Yang pasti UMKM ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi kita. Dimana, kehadiran mereka yang sentral ini mengindikasikan secara ekonomi bertumbuh," katanya.

Ia mengungkapkan, sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah mendukung pengembangan ekonomi para pelaku usaha UMKM ini salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyediakan edukasi terkait pemasaran digital agar produk yang dihasilkan bisa menembus pasar nasional dan global.

Diakuinya jika sektor UMKM merupakan tulang punggung perekonomian daerah Kabupaten Tangerang dan menjadi menggerakkan ekonomi hingga tingkat wilayah terdalam.

"Tentunya kehadiran pelaku UMKM ini mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, mereka memiliki antusias yang besar. Termasuk mereka bisa berkontribusi dalam menekan inflasi daerah," kata dia.

Baca juga: Pemkot Tangerang kerja sama dengan tiga hotel pasarkan produk UMKM

Baca juga: Enam produk UMKM Tangerang ikuti trade expo indonesia

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023