Di masa pandemi lalu UMKM sudah terbukti dapat bertahan dan menopang ekonomi masyarakat, ini harus kita dukung eksistensinya
Banjarmasin (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Agus Andrianto memerintahkan jajaran Polda dapat membantu memperkuat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menyokong ekonomi daerah.

"Di masa pandemi lalu UMKM sudah terbukti dapat bertahan dan menopang ekonomi masyarakat, ini harus kita dukung eksistensinya," kata Wakapolri saat meninjau bazar UMKM dan Pasar Rumah gelaran Polda Kalimantan Selatan di halaman Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, Senin.

Wakapolri pun mengapresiasi Polda Kalsel dan Polres jajaran yang selama ini sudah banyak membantu UMKM terutama terkait memperluas pemasaran melalui gelaran bazar dan bentuk kegiatan inovatif lainnya.

Dia berharap langkah nyata tersebut terus dipertahankan agar kehadiran Polri benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas termasuk pelaku UMKM.

Dalam bazar yang dihadiri Wakapolri terdapat 38 pelaku UMKM terlibat berasal dari seluruh penjuru Kalimantan Selatan.

Sebagian UMKM merupakan binaan Bhayangkari se-Kalsel yang ingin memperluas jangkauan pasar dengan gelaran bazar di Banjarmasin sebagai kota terbesar dan penduduk terpadat di provinsi itu.

Pada kesempatan itu, Wakapolri juga menyerahkan 10.090 paket bantuan sosial untuk masyarakat kurang mampu yang hadir memenuhi Gedung Sultan Suriansyah.

Kemudian dibagikan pula hadiah undian sebanyak 40 macam barang kepada masyarakat dengan cara diundi bagi yang telah memiliki kupon.
Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto saat meninjau bazar UMKM dan pasar murah gelaran Polda Kalsel di Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi mengatakan kegiatan membantu UMKM dan warga kurang mampu terus ditingkatkan sebagai implementasi strategi "Cooling system" atau pendinginan dengan melakukan sejumlah langkah pendekatan ke masyarakat jelang Pemilu 2024.

"Saya juga perintahkan para Kapolres bisa berinovasi untuk melakukan aksi nyata membantu masyarakat dengan diselipkan pesan-pesan kamtibmas dan pemilu damai, harapannya daerah ini senantiasa terjaga kondusif," ucapnya.

Baca juga: Pemprov Kalsel bantu pembinaan industri UMKM raih sertifikat halal
Baca juga: Pemprov Kalsel tingkatkan kualitas produk pangan UMKM lokal

Pewarta: Firman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023