Melalui sinergi ini, kami menegaskan komitmen untuk menyumbangkan pengetahuan dan keahlian akademik, mendukung tugas Polri dalam melayani dan melindungi masyarakat
Makassar (ANTARA) - Sebanyak 80 orang mahasiswa Universitas Hasanuddin dan 40 mahasiswa UIN Alauddin Makassar menerima bantuan dana pendidikan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto didampingi Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc, dan disaksikan oleh Plt Gubernur Sulsel dan jajaran Forkopimda lainnya di Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Rabu.

Rektor Unhas Prof JJ dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi terhadap peran Polri dalam memfasilitasi kesempatan pendidikan tinggi bagi mahasiswa melalui pemberian beasiswa.

Menurutnya, kolaborasi tersebut bukan sekadar pertukaran formalitas, tetapi merupakan investasi strategis dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan publik.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memegang mandat penting dalam memfasilitasi transformasi pengetahuan, lanjut Prof JJ, Unhas sebagai perguruan tinggi memiliki peran sebagai pusat yang mendukung dan memperkuat hubungan dengan lembaga eksternal, termasuk Polri untuk mencapai tujuan bersama.

Kerja sama ini muncul dalam konteks penerapan prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi, di mana pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat menjadi poros utama.

Baca juga: Polri beri beasiswa untuk anak yatim piatu akibat tragedi Kanjuruhan
Baca juga: Kapolri-Menteri BUMN serahkan beasiswa pendidikan untuk anak Polri


"Melalui sinergi ini, kami menegaskan komitmen untuk menyumbangkan pengetahuan dan keahlian akademik, mendukung tugas Polri dalam melayani dan melindungi masyarakat,” jelas Prof JJ.

Pada kesempatan yang sama, Komjen Pol Agus dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kolaborasi antara kepolisian dan lembaga pendidikan dalam memajukan pendidikan, penelitian, serta memperkuat kerjasama dalam berbagai aspek.

Menurutnya, sumber daya manusia berkualitas yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan tinggi memiliki peran strategis dalam membangun masa depan bangsa.

Untuk itu, memberikan fasilitas dana bantuan pendidikan kepada mahasiswa yang membutuhkan merupakan bagian dari komitmen Polri untuk mendorong generasi muda unggul dan berprestasi melalui kemudahan memperoleh pendidikan.

"Pendidikan adalah kunci kemajuan, dan Kepolisian Republik Indonesia berkomitmen untuk memberikan dukungan yang diperlukan kepada para generasi muda kita," jelas Komjen Pol Agus.

Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari mengapresiasi perhatian Polri dalam memajukan sektor pendidikan. Pemberian Beasiswa Polri juga sebagai wujud mendorong kecerdasan bangsa.

Secara umum, beasiswa Polri diberikan kepada 80 mahasiswa Unhas yang berasal dari berbagai fakultas. Bantuan dana pendidikan ini diberikan selama delapan semester hingga mahasiswa bersangkutan selesai melaksanakan proses akademiknya.

Selain Unhas, penyerahan bantuan dana tersebut juga diberikan kepada 40 mahasiswa UIN Alauddin Makassar.

Baca juga: Kementerian BUMN beri beasiswa anak berprestasi anggota TNI-Polri
Baca juga: Kapolri harapan perwira penerima beasiswa LPDP bantu bangun Indonesia

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024