Jakarta (ANTARA) - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menerima sebanyak 213 program televisi dan 256 program radio pada perhelatan tahunan Anugerah KPI 2023 dengan tema “Ecobroadcasting - Peduli Lingkungan Melalui Penyiaran” tahun ini melalui penjurian yang bersifat sangat selektif.

"Tentu ini jumlah yang sangat banyak. Dari sekian jumlah program yang masuk, ada sekitar 60 tim verifikator yang melakukan verifikasi semua program. Tentunya ini menjadi penilaian yang sangat obyektif dan adil, serta kemudian akan diumumkan pada malam nanti," tutur Anggota KPI Pusat Bidang Pengawasan Isi Siaran Aliyah pada sesi jumpa media KPI Awards di Jakarta, Minggu.

Aliyah mengatakan bahwa selain lembaga penyiaran, KPI juga akan memberikan penghargaan kepada insan penyiaran yang telah mendedikasikan seluruh hidupnya untuk dunia penyiaran lewat kategori 'Lifetime Achievement' dan penghargaan kepada pemerintah daerah yang mempunyai keberpihakan kepada infrastruktur kelembagaan dan infrastruktur informasi.

Baca juga: Peduli isu lingkungan, Anugerah KPI 2023 hadirkan enam kategori baru

Baca juga: KPI gelar penghargaan penyiaran bawa pesan kepedulian lingkungan


Selain itu, KPI juga akan memberikan penghargaan untuk KPID seluruh Indonesia yang sangat inovatif dan kolaboratif.

"Tentunya penghargaan ini untuk menjaga informasi yang disampaikan ke masyarakat juga menjadi informasi yang bisa dipertanggungjawabkan. KPID di seluruh Indonesia juga sangat inovatif untuk mendampingi masyarakat di daerah masing-masing," terang Aliyah.

Sedangkan latar belakang tim juri pada anugerah kali ini, Aliyah melanjutkan, berasal dari berbagai macam kalangan seperti anggota DPR/MPR, kementerian/lembaga, internal komisioner KPI, akademisi, praktisi, pengamat media, dan alumni Lembaga Ketahanan Nasional.

"Artinya, secara integral komprehensif seluruh juri sudah dilibatkan, jadi tidak ada didominasi oleh satu latar belakang saja," kata ALiyah menegaskan.

Pada Anugerah KPI 2023, terdapat sebanyak 25 kategori yang diperlombakan di antaranya Program Talkshow Televisi, Program Talkshow Radio, Program Berita Televisi, Program Berita Radio, Program Variety Show Televisi, Iklan Layanan Masyarakat Peduli Lingkungan TV, Program Siaran Drama Seri Televisi, dan Program Peduli Lingkungan Televisi.

Dari sebanyak 25 kategori yang diperlombakan tersebut, terdapat 6 kategori baru di Anugerah KPI 2023 yaitu Iklan Layanan Masyarakat Peduli Lingkungan, Iklan Layanan Masyarakat Peduli Lingkungan Radio, Program Peduli Lingkungan Televisi, Program Peduli Lingkungan Radio, TV Lokal Terbaik, dan KPI Daerah Inovatif dan Kolaboratif.

Pengumuman pemenang Anugerah KPI 2023 akan disampaikan di acara puncak anugerah yang dimulai pukul 19.30 WIB malam nanti dan disiarkan secara langsung oleh LPP TVRI.

Baca juga: Daftar pemenang Anugerah Penyiaran Ramah Anak (APRA) 2023

Baca juga: KPI umumkan kualitas siaran TV Indonesia baik di periode I 2023

Baca juga: Anugerah KPI 2021 dorong peningkatan kualitas konten TV dan radio

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023