Dapat kita lihat bersama rekam jejak karyanya yang sangat banyak, terutama program Indonesia Mengajar.
Jakarta (ANTARA) - Sahabat Anies Bersama Imin (ABI) mendeklarasikan untuk mendukung Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden RI Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

"Saya mengajak sahabat semua yang hadir pada hari ini untuk satu komando di bawah Ketua Umum Japto dan Ketua Umum ABI dalam mendukung, memenangkan, dan mengantarkan Pak Anies yang juga merupakan kader Pemuda Pancasila untuk menjadi Presiden Republik Indonesia," Kata Ketua Dewan Pembina Sahabat ABI Abishalom Soerjosoemarno di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu.

Abishalom menyebitkan terdapat dua alasan yang membuat pihaknya memutuskan untuk mendukung pasangan Anies-Imin pada Pilpres 2024. Pertama adalah rekam jejak dari Anies Baswedan.

"Dapat kita lihat bersama rekam jejak karyanya yang sangat banyak, terutama program Indonesia Mengajar. Program ini bisa menggerakkan ribuan anak muda untuk mengabdi di pelosok-pelosok daerah," kata Abishalom.

Selain itu, kata dia, Anies merupakan sosok berani yang berdiri paling depan untuk mewujudkan keadilan yang setara bagi warga negara Indonesia. Walaupun demikian, terdapat pihak-pihak yang berupaya menjegal Anies.

Adapun Abishalom menjelaskan bahwa Sahabat ABI merupakan wadah aspirasi politik khususnya bagi kader 234 SC, Pemuda Pancasila, Sapma Pemuda Pancasila, dan seluruh masyarakat pada umumnya.

Baca juga: Kapten Timnas AMIN: Negara ini belum punya satu kemakmuran untuk semua
Baca juga: Anies akan mulai di Jakarta pada hari pertama masa kampanye


Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023