Asparnas Fest 2023 tidak sekadar menjadi wadah untuk seni dan budaya, tapi juga membawa dampak positif yang signifikan bagi perekonomian masyarakat Tanjungpinang. Dalam kurun waktu sepekan, mulai 19 hingga 25 November 2023, perputaran uang tercatat m
Tanjungpinang (ANTARA) - Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemkot Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Ahmad Yani menyampaikan perputaran uang pada penyelenggaraan ajang Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Fest Kepri 2023 mencapai Rp1,4 miliar.

Ia menilai kegiatan yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang berkolaborasi dengan DPD Asparnas Kepri tersebut sukses mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Asparnas Fest 2023 tidak sekadar menjadi wadah untuk seni dan budaya, tapi juga membawa dampak positif yang signifikan bagi perekonomian masyarakat Tanjungpinang. Dalam kurun waktu sepekan, mulai 19 hingga 25 November 2023, perputaran uang tercatat mencapai lebih dari Rp1,4 miliar," kata Ahmad Yani di Tanjungpinang, Minggu.

Menurut Yani, perputaran uang itu mencakup seluruh hasil penjualan dari bazar UMKM, stand pelaku ekonomi kreatif, hingga outlet yang turut meramaikan agenda tahunan tersebut.

Selain itu, kata dia, kesuksesan acara ini tidak hanya terlihat dari aspek ekonomi, melainkan berbagai acara yang dikemas secara apik mampu menarika perhatian 110 ribu pengunjung dari berbagai daerah.

"Acara ini terbukti membawa berkah bagi perkonomian lokal, serta menghidupkan keberagaman seni dan budaya yang memikat perhatian masyarakat," ujarnya.

Ia menyampaikan Asparnas Fest 2023 juga mmemberikan peluang emas bagi para pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produk-produk unggulan mereka kepada masyarakat luas.

Hal itu, menurut dia, menjadi langkah nyata pemkot bersama asparnas dalam rangka mendukung perekonomian lokal, terutama para pelaku UMKM.

“Mari terus dukung produk-produk lokal Tanjungpinang," katanya pula.

Sementara, Ketua DPD Asparnas Kepri, Mulyadi Tan, menyampaikan Asparnas Fest 2023 diadakan dengan tujuan meningkatkan gairah perekonomian daerah melalui sektor pariwisata, mencakup pendidikan, UMKM, kebudayaan, dan usaha korporat meliputi tour dan travel serta perhotelan.

"Tak terasa, ajang ini sudah memasuki tahun ketiga. Semoga dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya dan tentunya lebih meriah," ujar Mulyadi Tan.

Dia mengutarakan pada tahun ini, Asparnas Fest mengusung beragam kegiatan perlombaan, stan UMKM, talkshow, workshop, seminar, sektor perbankan, dan berbagai layanan publik untuk masyarakat.

Mulyadi Tan turut mengapresiasi dukungan Pemkot Tanjungpinang serta semua stakeholder terkait, sehingga acara Asparnas Fest 2023 sukses digelar hingga selesai.

Ia optimistis melalui sinergi, maka pariwisata Tanjungpinang akan terus berkembang menjadi destinasi unggulan yang memadukan keindahan seni, keberagaman budaya, dan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Batam ingin jadi tujuan wisata kesehatan

Baca juga: Pemprov Kepri-PLN bangun kabel laut hubungkan Batam-Pulau Buluh

 

Pewarta: Ogen
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023