Buku putih yang diluncurkan himpunan alumni IPB ini semoga memberi masukan yang baik bagi kemajuan Indonesia ke depan
Kota Bogor (ANTARA) - Himpunan Alumni institut Pertanian Bogor (HA IPB) University resmi meluncurkan buku putih yang memuat masukan kebijakan pembangunan menuju Indonesia emas 2045 agar menonjolkan agromaritim sebagai dasar berbagai program pemerintah ke depan.

  "Buku putih yang diluncurkan himpunan alumni IPB ini semoga memberi masukan yang baik bagi kemajuan Indonesia ke depan," kata Rektor IPB University Arif Satria saat memberi sambutan pada acara malam reuni akbar alumni IPB dalam rangkaian HUT ke-60 IPB di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Minggu.

  Arif Satria bersama sejumlah tokoh IPB lain, di antaranya, Profesor Tridoyo Kusumastoyo dan mantan ketua HA IPB Fathan Kamil turut menjadi pengarah dan pembina penyusunan buku putih himpunan alumni (HA) IPB mengenai agromaritim sebagai arah pembangunan Indonesia ke depan.

  Penyusun diketuai Profesor Bustanul Arifin dan anggota di antaranya Profesor Dodik Ridho Nurrochmat, Dr. Eva Anggraini, Lely Puspitasari dan Pungkas Bajuli Ali.

  Ketua HA IPB Walneg S. jas, menyampaikan dalam peluncuran ini disampaikan, buku putih tersebut telah melalui proses telaah yang panjang, diskusi kelompok hingga perdebatan oleh alumni IPB yang berkarir di dalam dan luar kampus.

  Kehadiran buku ini, kata dia, sebagai gagasan inspiratif pemikiran teknokratif dan empiris yang menjadikan kedaulatan agromaritim salah satu pondasi utama menuju Indonesia emas 2045.

  Di dalamnya menampilkan secara sistematis mulai dari isu strategis hingga solusi kebijakan serta rekomendasi strategi yang dikelompokkan menjadi sembilan bidang utama.

  Buku tersebut resmi diserahkan kepada perwakilan sekjen Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

  "Sembilan poin bidang sumbangsih pemikiran tentang agromaritim Indonesia telah kami serahkan kepada sekjen Kementan dan KLHK," ujarnya.

  Walneg menyebut malam reuni akbar alumni IPB ke-60 tahun ini dihadiri ribuan alumni dengan total selama dua hari pada Sabtu (25/11) siang dan Minggu (26/11) malam lebih kurang sebanyak 15.000 orang.

  Dalam puncak reuni akbar malam ini, sejumlah tarian tradisional dan lagu pun dinyanyikan oleh talenta alumni IPB.

Baca juga: IPB University sampaikan lima agenda pasca 60 tahun

Baca juga: Alumni IPB luncurkan Buku Putih untuk capres-cawapres

Baca juga: Rektor IPB ingatkan jangan hanya sanjung agromaritim saat krisis


Pewarta: Linna Susanti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023