Washington DC (ANTARA News) - Penulis blog My Halal Kitchen Yvonne Maffei mengatakan kepada NPR (National Public Radio) bahwa  makanan berkadar air tinggi sangat dibutuhkan saat berpuasa.

"Kita berpuasa rata-rata selama 16 jam dan selama itulah kita mengalami dehidrasi," kata Yvonne Maffei.

Buah-buahan segar seperti semangka dan labu sangat disarankan untuk mengurangi dehidrasi.

Maffei memiliki resep minuman andalan untuk Ramadhan Honeydew Melon Cooler yang cocok untuk menghilangkan dahaga saat berbuka.

"Yang dibutuhkan hanya honeydew atau melon, jambu, mangga, dan perasan jeruk yang dicampur jadi satu dan dijus," katanya.

Sementara untuk makanan berbuka, Maffei menyarankan makanan berat yang mengenyangkan dan bernutrisi tinggi seperti "Hanger Steak dengan Mango Salsa".

"Daging sapi pada steak merupakan sumber protein dan zat besi yang bagus, karena selama puasa kita kehilangan banyak protein dan zat besi," katanya.

Daging steak dipanggang sebentar saja dan disajikan dengan tomat, saus mangga, bawang putih dan jeruk nipis. "Rasanya benar-benar menyegarkan, dan Anda dapat memakannya dengan nasi," kata Maffei. 

Salah satu menu berbuka yang paling bagus menurut Maffei adalah seperti yang diajarkan Nabi Muhammad yakni kurma.

"Kurma sangat bagus untuk berbuka karena memiliki takaran jumlah gula yang pas untuk meningkatkan kadar glukosa," katanya.

Berpuasa bukan berarti tidak makan sama sekali atau menyengsarakan diri dengan makan makanan yang tidak enak.

"Ini justru merupakan momen untuk merayakan cita rasa dan memiliki pengalaman-pengalaman baru dengan makanan karena saat berbuka, kita merasakan syukur yang luar biasa atas keajaiban makanan," kata Maffei.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013