Jakarta (ANTARA) - PT MRT Jakarta mendukung para perempuan muda Indonesia untuk mewujudkan mimpi mereka berkarier di berbagai bidang, termasuk STEM.

"MRT Jakarta mendukung serta mendorong lebih banyak lagi perempuan muda Indonesia yang tidak berhenti mengejar dan mewujudkan mimpinya berkarier di berbagai bidang, termasuk STEM," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat di Jakarta, Senin.

Pihaknya pun menyambut baik kegiatan Girls Takeover yang digelar Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia).

Dalam kampanye Girls Takeover, dua perempuan muda, yakni Neisya (21) dan Belinda (17) terpilih untuk mengambil alih posisi Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat dan Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Weni Maulina selama sehari.

Tuhiyat mengatakan Neisya dan Belinda adalah inspirasi bagi anak-anak dan perempuan muda lain di Indonesia dalam mengejar karier di bidang STEM, termasuk di bidang transportasi publik modern MRT Jakarta.

Mereka diharapkan dapat terus mengadvokasi pentingnya akses yang inklusif dan aman bagi perempuan, termasuk kepada pemangku kepentingan seperti MRT Jakarta.   

Tuhiyat menambahkan MRT Jakarta merupakan salah satu badan usaha milik daerah yang menjunjung tinggi kesetaraan dan kesempatan yang sama di tempat kerja.

Di MRT Jakarta, saat ini 30 persen karyawannya adalah perempuan.

Dari 30 persen tersebut, 25 persen di antaranya ada di bagian engineering.

Sementara Direktur Eksekutif Plan Indonesia Dini Widiastuti berharap melalui semangat kampanye Girls Takeover, ke depannya lebih banyak perusahaan dan pemangku kepentingan dapat membuka ruang yang lebih luas bagi perempuan agar dapat memimpin di bidang STEM.

"Menyadari minim-nya pimpinan perempuan di bidang STEM, maka kami mengangkat tema Diversity, Equity, and Inclusion (DEI) di kampanye Girls Takeover tahun ini. Kami mendorong agar aspirasi perempuan terkait penerapan DEI terutama dalam lingkup keamanan dan kenyamanan transportasi publik dapat lebih didengar," kata Dini Widiastuti.

Neisya dan Belinda terpilih dari lebih dari 336 peserta individu berusia 17-21 tahun yang mendaftarkan diri mereka dalam kampanye ini setelah melewati seleksi yang ketat sejak Oktober 2023.

Rangkaian kampanye Girls Takeover 2023 telah dimulai dengan Youth Leadership Class, dimana anak dan kaum muda perempuan diberikan motivasi melalui cerita dari para pemimpin perempuan sekaligus diperkaya dengan pemahaman konsep dan keterampilan kepemimpinan lainnya, termasuk komunikasi dari pemimpin di Plan Indonesia dan MRT Jakarta.

Baca juga: MRT Jakarta atasi gangguan teknis di jalur Lebak Bulus
Baca juga: 163 ribu penumpang manfaatkan MRT Jakarta saat konser Coldplay
Baca juga: MRT koordinasi Dishub rekayasa lalin terkait pembongkaran JPO Thamrin

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023