Washington (ANTARA News) - Gedung Putih, Senin, memperkirakan defisit anggaran pemerintah federal untuk tahun fiskal berjalan yang berakhir September akan menyusut menjadi 759 miliar dolar AS, berkurang 200 miliar dolar AS dari perkiraan sebelumnya pada April.

Defisit anggaran tahun fiskal 2013 sekarang diproyeksikan menjadi 4,7 persen dari produk domestik bruto (PDB) nasional, turun dari defisit sebesar 10,1 persen dari PDB empat tahun lalu, kata Kantor Manajemen dan Anggaran (OMB) Gedung Putih dalam laporan kajian pertengahan tahunnya, seperti yang dikutip Xinhua.

Jika prakiraan tersebut terbukti akurat, itu akan menjadi pertama kalinya defisit anggaran tahunan pemerintah federal turun di bawah ambang satu triliun dolar AS sejak Presiden AS Barack Obama menjabat.

Defisit anggaran pemerintah federal akan berkurang menjadi di bawah tiga persen dari PDB pada 2017 dan terus turun menjadi sekitar dua persen pada 2023 di bawah rencana anggaran Obama, kata laporan itu.

Sementara itu, OMB memproyeksikan, PDB riil AS akan tumbuh 2,0 persen pada tahun ini dan 3,1 persen pada tahun depan, masing-masing berkurang dari perkiraan 2,3 persen dan 3,2 persen yang dibuat pada April.

"Presiden percaya prioritas utama kami akan benar-benar memperkuat mesin pertumbuhan ekonomi -- sebuah kenaikan dan perkembangan kelas menengah. Ia akan terus mengejar kebijakan-kebijakan untuk mempercepat pemulihan, percepatan penciptaan lapangan kerja dan memperluas kelas menengah," kata Sylvia Mathews Burwell, direktur OMB.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013