Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memimpin delegasi Indonesia di London, Inggris, untuk menggalang dukungan dan meraih suara dari negara-negara lain jelang pemilihan Anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) yang akan diselenggarakan pada 1 Desember 2023 mendatang.

“Tiga hari ini akan kami manfaatkan semaksimal mungkin dengan melakukan sejumlah pertemuan dengan negara-negara anggota IMO," katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, pencalonan kembali Indonesia sebagai anggota dewan IMO merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan eksistensi dan peran aktif Indonesia di kancah internasional, serta memperkuat visi untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Hal ini juga sejalan dengan arah kebijakan dan strategi pemerintah Indonesia yang tercantum dalam RPJMN 2020 – 2024.

Pada Senin (27/11) hingga Rabu (29/11) mendatang, Menhub akan memimpin sejumlah kegiatan di London, diantaranya yaitu resepsi diplomatik dan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara, dalam rangka menyukseskan pencalonan kembali Indonesia sebagai anggota dewan IMO Kategori C Periode 2024 – 2025.

Menhub menyampaikan, Indonesia harus bisa meraih minimal 89 suara dari negara-negara anggota IMO yang berjumlah total 175 negara, agar berhasil masuk menjadi anggota dewan IMO. Pada pemilihan periode 2022-2023 lalu, Indonesia berhasil mendapatkan 127 suara.

"Dengan komitmen nyata yang telah kami tunjukkan selama ini untuk mengembangkan sektor maritim global yang berkelanjutan, kami yakin negara-negara lain akan mendukung dan memberikan suaranya untuk Indonesia,” ujar Menhub.

Resepsi diplomatik yang diselenggarakan Indonesia akan berlangsung pada Selasa (28/11), yang akan melibatkan delegasi dari sejumlah Kementerian/Lembaga serta pemangku kepentingan terkait sebagai tim lobby pemenangan Indonesia.

Sejumlah K/L yang terlibat diantaranya yaitu: Kemenkomarves, Kemenlu, Kemenhub, Kemenkumham, Kemen BUMN, Setkab, Kedubes RI di London, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL, Pelindo, Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), Pertamina International Shipping, dan INSA.

“Saya meminta kepada seluruh delegasi yang ditugaskan, untuk berpartisipasi aktif dalam upaya menggalang dukungan dan mendapatkan suara dari negara lain,” ujarnya.

Dalam kunjungannya hari ini, Menhub melakukan sejumlah pertemuan diantaranya yaitu dengan Sekjen IMO Mr. Kitack Lim.

Dalam pertemuan tersebut, Menhub menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kontribusi IMO di bawah kepemimpinan Mr. Kitack Lim, yang pada tahun ini menjadi tahun terakhirnya menjabat sebagai Sekjen IMO.

Menhub juga meminta dukungan Mr. Kitack Lim untuk mendukung pencalonan kembali Indonesia menjadi anggota dewan IMO.

“IMO di bawah kepemimpinan Mr. Kitack Lim telah banyak mendukung dan memberi bantuan bagi Indonesia, untuk terus meningkatkan perannya di IMO,” katanya.

Baca juga: Menhub undang para dubes dukung Indonesia jadi anggota dewan IMO
Baca juga: Menhub ajak mitra kerja dukung Indonesia jadi Anggota Dewan IMO
Baca juga: Upaya Indonesia agar terpilih lagi jadi Anggota Dewan IMO

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023