Jakarta (ANTARA) - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan pembentukan Tim Hukum Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (THN AMIN) bukan hanya untuk mengawal pasangan calon tersebut, tetapi juga bentuk pertanggungjawaban kepada rakyat dalam mengawal suara di Pemilu 2024.

"Kami menyusun (THN) ini semua sejak awal sebagai rasa tanggung jawab kami kepada rakyat Indonesia; bahwa kami bukan saja mengajak kepada semua untuk bersama-sama mendorong perubahan, tetapi juga kami berkomitmen untuk ikut mengawal suara rakyat," kata Anies setelah menghadiri acara Deklarasi THN AMIN di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jakarta, Senin.

Anies mengatakan pembentukan THN tersebut untuk memastikan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca juga: Anies Baswedan ajak relawan AMIN bersatu untuk perubahan Indonesia

"Tim Hukum Nasional ini dibentuk untuk memastikan bahwa semua kegiatan di lapangan, baik yang dilakukan oleh Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar maupun aktivitas penyelenggaraan pemilu, tentu semuanya berjalan dengan koridor hukum," jelasnya.

Anies juga mendorong masyarakat untuk memilih dan bergabung dalam barisan perubahan.

"Kami memang menyampaikan gagasan, kami menyampaikan ide-ide tentang perubahan. Kami menawarkan itu, tetapi kami juga menyampaikan kepada rakyat, kami ingin agar suara rakyat itu aman sampai ke akhir penghitungan," kata Anies Baswedan.

Baca juga: Kapten Timnas AMIN: Negara ini belum punya satu kemakmuran untuk semua

Sementara itu, Muhaimin Iskandar mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh THN AMIN yang telah memilih bergabung dalam barisan perubahan, bahkan secara sukarela.

"Kami bangga, bersyukur, dan terima kasih kepada seluruh tim hukum yang memiliki keswadayaan. Mereka membiayai sendiri; mereka berjibaku, berjuang, untuk mendampingi seluruh relawan pengurus partai dan seluruh pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Indonesia. Terima kasih, Pak Ari, Prof. Hamdan, yang telah menjadi bagian dari gerakan perubahan Indonesia yang adil, sejahtera," kata Muhaimin.

Tim Hukum Nasional AMIN resmi dideklarasikan dan siap mengawal tahapan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

Deklarasi tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Pakar Timnas AMIN Hamdan Zoelva.

Baca juga: Anies umumkan tim nasional pemenangan Pemilu 2024

Hamdan mengatakan THN AMIN memastikan seluruh tahapan Pemilu 2024 berjalan sesuai prosedur hukum yang benar.

"Mengawal dan memastikan bahwa seluruh tahapan Pilpres 2024 dilaksanakan dengan prosedur hukum yang benar, jujur, dan adil, sebagaimana komitmen pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin lskandar. Mengajak seluruh anak bangsa untuk bersinergi dan berperan aktif mengawal Pilpres 2024 demi melahirkan pemimpin nasional yang bermartabat, bermoral dan tidak cacat konstitusi," kata mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu.

THN AMIN saat ini memiliki ribuan pengurus di 33 provinsi yang terdiri atas para advokat dan non-advokat. Beberapa nama yang terdapat dalam THN AMIN itu adalah mantan jaksa agung Muhammad Prasetyo hingga mantan kepala Bareskrim Komjen Pol. (Purn) Susno Duajdi.

Baca juga: Tim Hukum Nasional AMIN resmi dideklarasikan dan siap kawal pilpres

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023