agar masyarakat mengetahui visi, misi, dan program calon pemimpin Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyambut baik usulan salah satu ormas untuk menyelenggarakan diskusi publik yang melibatkan Calon Gubernur DKI menjelang Pemilu 2024 sebagai bentuk keterbukaan komunikasi kepada masyarakat.

"Kami mendukung masukan untuk menyelenggarakan diskusi publik agar masyarakat mengetahui visi, misi, dan program calon pemimpin Jakarta," kata Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Dody Wijaya saat ditemui di Jakarta, Senin.

Dody menuturkan ide ini dicanangkan Kelompok Aktivis Jakarta Lintas Generasi yang mengusulkan agar para calon Gubernur DKI menyampaikan program yang akan dijalankannya sekaligus menerima pertanyaan dari masyarakat yang hadir.

Nantinya, para calon pemimpin DKI ini akan menjawab sekaligus memaparkan visi dan misi mereka. Dengan komunikasi yang terbuka maka masyarakat bisa lebih memahami figur calon yang akan memimpin Jakarta.

Diskusi publik ini nantinya direncanakan bertema bebas tanpa konsep maupun kisi-kisi melainkan mengalir melalui pertanyaan masyarakat.

Adapun usulan ini menurut dia sesuai dengan aspek regulasi Peraturan KPU No 15 Tentang Kampanye, terdapat kampanye bentuk lain yaitu dalam bentuk deklarasi/ konvensi. Maka dari itu pihaknya mendukung usulan tersebut.

"Di luar negeri ada model kampanye townhall meeting jadi semua calon gubernur dikumpulkan di tengah kota dan masyarakat bisa bebas menyampaikan aspirasi," jelasnya.

Nantinya, tambah Dody, sejumlah partai yang ada di DKI mengirimkan calon terbaik sebagai perwakilan untuk melayani aspirasi banyak orang.

"Diharapkan masyarakat bisa lebih mengenal dekat calon pemimpin mereka melalui diskusi publik ini," tutupnya.

Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Tanggal itu bersamaan dengan Pemilu Legislatif (Pileg) untuk memilih anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD RI.

Sementara, Pilkada untuk memilih gubernur, bupati, dan wali kota akan diselenggarakan serentak seluruh daerah pada 27 November di tahun yang sama.
Baca juga: KPU DKI pastikan warga disabilitas nyaman saat memilih di TPS
Baca juga: Kemenkumham-KPU DKI bahas Pemilu 2024 untuk warga pemasyarakatan
Baca juga: KPU DKI petakan TPS rawan banjir jaga kelancaran Pemilu 2024

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023