Tentu bantuan yang diberikan kami harapkan dimanfaatkan dan dikelola dengan baik bersama kelompoknya menuju ketahanan dan kemandirian pangan masyarakat
Tanjung Selor (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang menyalurkan bantuan bidang pertanian dan peternakan ke sejumlah kelompok tani, sebagai salah satu upaya penguatan ketahanan pangan.
 
“Ketahanan pangan ini sangat penting karena menyangkut kebutuhan pokok masyarakat,” ujar Gubernur di Tana Tidung.

Baca juga: Pemprov se-Kalimantan koordinasi bahas optimalisasi penerimaan pajak
 
Penyerahan bantuan sektor pertanian dan peternakan itu dilaksanakan di halaman Kantor Desa Sesayap Selor, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung.
 
Gubernur mengatakan, selama ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sinergi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) RI,  khususnya Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan melaksanakan penyaluran bantuan serta dukungan kegiatan sektor pertanian di daerah.
 
“Tentu bantuan yang diberikan kami harapkan dimanfaatkan dan dikelola dengan baik bersama kelompoknya menuju ketahanan dan kemandirian pangan masyarakat,” ujar dia.
 
Bantuan dan dukungan sektor pertanian yang diberikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara kepada Pemerintah Kabupaten Tana Tidung meliputi sarana dan prasarana peningkatan produktivitas dan pengolahan peternakan, khususnya sapi, kambing, sarang burung walet.
 
“Termasuk sarana prasarana pengolahan dan pasca panen hortikultura,” ujarnya.

Baca juga: Gubernur Kaltara terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan
 
Gubernur menyerahkan 47 ekor kambing secara simbolis kepada Kabupaten Tana Tidung melalui Jaringan Petani Milenial Kalimantan Utara.
 
Selain itu, menyerahkan 43 ekor kambing untuk Kabupaten Bulungan yang diterima oleh Petani Milenial Panca Agung.
 
Bantuan lainnya adalah Padang pengembalaan di Tana Tidung senilai Rp329,5 juta kepada kelompok tani Do Asa Ngeferuen; Pelayanan Pendataan dan Penandaan Ternak di Tana Tidung senilai Rp7,2 juta.
 
Adapun bantuan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI berupa prasarana bangsal pasca panen hortikultura diberikan kepada kelompok tani Harapan Baru, Desa Seludau, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung.
 
Bantuan itu mencakup motor roda tiga, "roller conveyor", meja bak cuci, meja kerja.

Baca juga: Pemprov sampaikan hasil kajian penggabungan Kabupaten Berau ke Kaltara

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023