Kami siapkan infrastruktur pendukung untuk mempermudah menuju IKN
Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, membangun infrastruktur jalan untuk mempermudah akses menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) atau ibu kota negara masa depan Indonesia yang dibangun pada sebagian wilayah di daerah Benuo Taka itu, yakni di Kecamatan Sepaku.
 
 
"Kami siapkan infrastruktur pendukung untuk mempermudah menuju IKN," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Penajam Paser Utara Rivana Noor di Penajam, Senin.
 
 
Saat ini sedang dilakukan pengerjaan infrastruktur jalan Penajam-Buluminung, lanjut dia, menyusul dibangunnya jalan pendekat dari Pelabuhan Benuo Taka di Kelurahan Buluminung ke arah simpang Silkar Kelurahan Petung.
 
 
Jalan yang terhubung dengan Kelurahan Buluminung bakal memudahkan akses pengiriman logistik, terutama menuju Kota Nusantara.
 
 
Infrastruktur jalan yang disiapkan tersebut dapat menghemat waktu sekitar 45 menit menuju IKN, dengan memangkas jarak tempuh mencapai 30 kilometer.
 
Jalan Penajam-Buluminung juga dapat mengurai kemacetan seiring perkembangan ibu kota negara masa depan Indonesia itu ke depan.
 
 
Investor yang membangun industri di wilayah Kelurahan Buluminung akan lebih mudah dan cepat untuk menuju IKN, jelas dia, apabila melalui jalan pendekat Kelurahan Buluminung-simpang Silkar Kelurahan Petung.
 
 
Sehingga dari kawasan industri di Kelurahan Buluminung apabila ingin melakukan pengiriman barang ke ibu kota negara Indonesia baru, menurut dia, tidak lagi masuk dalam kota yang jarak tempuh jauh.
 
 
Kabupaten Penajam Paser Utara terus mempersiapkan fasilitas pendukung agar investor tertarik untuk menanamkan modal di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
 
Fasilitas lainnya yang tengah disiapkan seperti ketersediaan air dan jaringan listrik sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dalam menyongsong investor.
 
 
"Kami terus mempersiapkan infrastruktur pendukung menyambut para investor," kata Rivana Noor.

Baca juga: Anggaran penambahan pipa distribusi air bersih Penajam Rp12 miliar

Baca juga: Kementerian Perindustrian evaluasi RTRW Penajam daerah mitra IKN

Baca juga: OIKN terus siapkan masyarakat lokal di Kota Nusantara jadi wirausaha

 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023