Jakarta (ANTARA) - Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia menerima Platinum Award dan mempertahankan predikat "Industry Leader" dalam ajang Indonesia Quality Award (IQA) 2023.

Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik, Robby Setiabudi Madjid mengatakan penghargaan tersebut diraih atas penerapan perusahaan menerapkan Baldrige Excellence Framework (BEF) dalam memajukan pertanian Indonesia.

"Petrokimia Gresik dalam asesmen kerangka BEF tahun 2023 ini mendapatkan skor 706. Angka ini tertinggi di antara Pupuk Indonesia Grup," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

BEF, lanjutnya, merupakan alat ukur kinerja yang bersifat menyeluruh dengan standar internasional dan implementasinya berdampak pada peningkatan kinerja serta daya saing global.

Lebih lanjut ia menjelaskan, implementasi kerangka BEF merupakan instrumen penting bagi perusahaan untuk memajukan pertanian Indonesia, menjaga ketahanan pangan nasional, serta mendukung Pupuk Indonesia menjadi global company.

Penerapan BEF ini memberikan dampak positif bagi kinerja perusahaan yang meningkat setiap tahunnya, mulai dari capaian laba terbaik sepanjang sejarah hingga peningkatan jumlah inovasi.

"Kinerja unggul merupakan kebutuhan dasar bagi perusahaan untuk dapat bertahan di tengah berbagai perubahan," katanya.

Salah satu upaya Petrokimia Gresik menghadirkan kinerja unggul di perusahaan adalah melalui segudang inovasi yang telah diakui di tingkat nasional maupun internasional.

"Salah satu contohnya adalah Smart Precision Farming yang dihadirkan Petrokimia Gresik untuk masa depan pertanian Indonesia yang lebih modern," katanya.

Sementara itu, menurut Robby untuk kategori Band of Excellence Achievement, Petrokimia Gresik berhasil mempertahankan predikat "Industry Leader" yang telah dicapai sejak 2022.

Kendati demikian, tambahnya, terdapat peningkatan skor asesmen Petrokimia Gresik tahun ini dibanding tahun sebelumnya yang mendapatkan nilai 682. Atas peningkatan skor sebanyak 24 poin ini pula maka perusahaan juga menerima penghargaan Bronze Award di ajang yang digelar pada 24 November 2023.

"Petrokimia Gresik menjadi satu-satunya perusahaan yang membawa pulang tiga penghargaan sekaligus dalam ajang yang diselenggarakan oleh IQA Foundation ini," ujar Robby.

Baca juga: Petrokimia Gresik raih enam penghargaan di ajang EPSA 2023
Baca juga: Realisasi Program Makmur Petrokimia Gresik seluas 126.044 hektar
Baca juga: Program Makmur mampu tingkatkan produktivitas petani

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023