tinggal merapikan saja
Jakarta (ANTARA) - Progres pembangunan fasilitas pompa air di Kebon Raya, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar) telah mencapai 90 persen pada Senin.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakbar, Purwanti Suryandari menyebut pembangunan pompa berkapasitas 1.000 liter tersebut sudah sampai pada tahap penyelesaian.

"Bangunannya (rumah pompa) sudah, genset juga sudah tersedia, atap sudah terpasang, bak penampungan air juga sudah dicor, tinggal merapikan saja," kata Purwanti saat dihubungi pada Senin.

Pekerjaan saat ini tinggal pemasangan instalasi fasilitas rumah pompa. Dengan demikian seluruh pekerjaan selesai sesuai target kontrak yakni pada 15 Desember, jelas Purwanti.

"Kalau secara kontrak selesai 15 Desember saya optimis keburu," kata dia.

Sebelumnya, Purwanti mengatakan pompa tersebut merupakan penambahan kapasitas karena sebelumnya di lokasi yang sama sudah ada fasilitas pompa yang masih fungsional.

"Sebelumnya kan di Kebon Raya sudah ada empat unit pompa dengan tiga pompa kapasitas 500 liter per detik dan satu pompa kapasitas 100 liter per detik. Jadi jumlahnya 1.600 liter per detik," ungkapnya.

Dengan kehadiran pompa baru di Duri Kepa yang memperkuat pompa yang sudah ada di Kali Sekretaris membuat kapasitas total pompa di kawasan ini  menjadi 2.600 liter per detik.

Pompa baru ini diadakan menggunakan dana APBD DKI Jakarta dengan nilai Rp4 miliar lebih.
Baca juga: Wali Kota pastikan pompa Jalan Patra mampu surutkan genangan Duri Kepa
Baca juga: Jalan Patra Kebon Jeruk tergenang akibat hujan deras
Baca juga: 90 rumah di permukiman Duri Kepa Jakarta Barat terendam banjir


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023