Saya optimis ya, 15 Desember 2023 sudah selesai
Jakarta (ANTARA) - Progres pembangunan fasilitas pompa air di Kebon Raya, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, telah mencapai 85 persen.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Kasudin SDA) Jakarta Barat Purwanti Suryandari menyebutkan pembangunan pompa berkapasitas 1.000 liter tersebut sudah sampai pada tahap penyelesaian.

"Bangunannya (rumah pompa) sudah ada, genset-nya juga sudah ada, atapnya, bak penampungan air juga sudah dicor, tinggal perapian saja," katanya di Jakarta, Senin.

Pada minggu depan, kata Purwanti, pompa air kapasitas 1.000 liter akan didatangkan dan mulai dipasang di fasilitas tersebut.

Sesuai target kontrak, lanjutnya, pembangunan pompa tersebut akan selesai pada 15 Desember 2023.

"Kalau secara kontrak, 15 Desember 2023, selesai. Saya optimis ya, 15 Desember 2023 sudah selesai," kata dia.

Sebelumnya, Purwanti mengatakan pembangunan fasilitas tersebut merupakan penambahan kapasitas pompa.

"Sebelumnya, di Kebon Raya sudah ada empat unit pompa dengan tiga pompa kapasitas masing-masing 500 liter per detik dan satu pompa kapasitas 100 liter per detik. Jadi, jumlahnya 1.600 liter per detik," ungkapnya.

Kemudian, lanjut dia, akan dibangun rumah pompa di sebelah rumah pompa yang lama (di Kali Sekretaris) dengan kapasitas 1.000 liter per detik, sehingga nanti kapasitasnya bertambah menjadi 2.600 liter per detik.

Ia mengatakan pengadaan pompa tersebut sudah mendapatkan pemenang lelangnya dan pembangunan atau penambahan kapasitas pompa air tersebut akan dirampungkan pada Desember ini.

Menurut Purwanti, dana yang disiapkan untuk pembangunan pompa sekira Rp4 miliar dan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta).

Baca juga: Wali Kota Jakbar tinjau pompa air di wilayah Kamal Kalideres
Baca juga: Pemkot Jakbar alokasikan pemeliharaan 138 pompa air pada 2023
Baca juga: Pemkot Jakbar kerahkan tiga pompa air untuk surutkan air di Prepedan


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023