Paris (ANTARA) - Wali Kota Paris Anne Hidalgo pada Senin mengumumkan bahwa dia berhenti menggunakan media sosial X, yang disebutnya sebagai "selokan global raksasa".

Dia juga menyebut X "menghancurkan demokrasi" dengan menyebarkan kebencian dan informasi yang salah.

Setelah membeli Twitter pada 2022, Elon Musk memecat ribuan karyawan, termasuk mereka yang memoderasi konten di platform tersebut.

Media sosial itu, yang kemudian berubah nama menjadi X, kehilangan beberapa pengiklan besar dan dikecam banyak pihak, termasuk Gedung Putih, yang menganggapnya kurang bertindak mencegah sentimen anti-Yahudi.

"Platform ini dan pemiliknya dengan sengaja meningkatkan ketegangan dan konflik," kata Hidalgo dalam unggahan panjang dalam bahasa Inggris dan Prancis.

Dia merujuk pada manipulasi, disinformasi, sentimen anti-Yahudi, dan serangan terhadap ilmuwan, klimatolog, perempuan, dan kaum liberal.

Program Hidalgo untuk mengubah Paris menjadi ibu kota sepeda telah menuai kritik dan pujian di media sosial selama bertahun-tahun.

Sejumlah pengguna mengkritik proyek pengerjaan program itu, yang dianggap tidak kelar-kelar dan tidak menarik secara visual, dengan menggunakan tagar #SaccageParis (Paris Hancur).

"Media ini telah menjadi selokan global raksasa, dan kita harus terus berendam di dalamnya?" tanya politikus Sosialis itu, yang meraih 1,7 persen suara pada pemilihan Presiden Prancis 2022.

"Saya menolak mendukung skema yang jahat ini," kata Hidalgo.

Belum lama ini dia juga dikritik karena bepergian ke Pulau Tahiti, Prancis, dengan dalih untuk melihat lokasi selancar Olimpiade 2024.

Namun, lawan-lawan politiknya mengatakan itu bukan kewenangannya dan dia pergi ke pulau itu untuk mengunjungi putrinya yang tinggal di sana.

Para pengguna X dan politisi oposisi menggunakan tagar #TahitiGate untuk menghujat perjalanannya itu, yang sebagian dibiayai oleh pajak.

Sumber: Reuters
Baca juga: Wali Kota Paris menolak Rusia di Olimpiade 2024
Baca juga: Wali kota Paris ikut kecam pembakaran hutan Amazon
Baca juga: Dua perempuan bersaing pimpin Kota Paris untuk pertama kali

 

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023