Insya Allah nanti Kaltim memiliki kader-kader pemimpin yang betul-betul menguasai agama dan akhlak dan mampu berkontribusi membangun daerah dengan implementasi ilmu dan wawasan yang telah dimiliki
Samarinda (ANTARA) - Sebanyak 21 pelajar dari Provinsi Kalimantan Timur telah dinyatakan selesai mengikuti program Pendidikan Kader Ulama (PKU) di Universitas Darussalam (Unida) Gontor Ponorogo Jawa Timur.

“Sebagai Penjabat Gubernur Kaltim, saya terkagum-kagum dengan langkah yang dilakukan Pak Isran Noor serta tokoh-tokoh di Kaltim, yang telah menyiapkan SDM melalui beasiswa Kaltim tuntas. Ini salah satu langkah yang sangat tepat,” kata Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik saat serah terima PKU angkatan ke VII tahun 2023 di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Kaltim di Samarinda, Senin.

Menurut Akmal Malik, kuncinya SDM agar hadir pemimpin yang memiliki power-point. Artinya pemimpin harus memiliki power dan poin.

"Jangan punya power tetapi tidak punya poin, atau sebaliknya. Kita mau hadir pemimpin yang punya power dan punya poin. Artinya harus disiapkan SDM mulai sekarang. Langkah yang dilakukan MUI didukung Provinsi Kaltim bekerja sama Universitas Darussalam Gontor adalah langkah yang sangat bagus. Kita sangat apresiasi, walaupun jumlah yang dikirim baru 21 orang,” katanya.

Akmal berharap pada periode mendatang pengiriman putra-putri Kaltim untuk mengikuti program PKU di Unida Gontor terus bertambah, sehingga Kaltim memiliki banyak pemimpin yang memiliki power dan poin.

“Insya Allah nanti Kaltim memiliki kader-kader pemimpin yang betul-betul menguasai agama dan akhlak dan mampu berkontribusi membangun daerah dengan implementasi ilmu dan wawasan yang telah dimiliki, melalui dakwah, maupun pendidikan agama Islam,” katanya.

Wakil Rektor III Universitas Darussalam Gontor Bidang Kerja sama, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Alumni, Dr Khoirul Umam bersyukur bisa mengantarkan kembali 21 putra-putri Kaltim yang telah mengikuti program PKU di Unida Gontor selama enam bulan, mulai 21 Mei sampai 22 November 2023.

"Setelah mengikuti Program PKU, kita harap putra-putri bisa mengabdi di masyarakat, khususnya di daerah asal masing-masing menjadi bagian MUI Kaltim dalam pengembangan syiar Islam," kataya.

Ketua MUI Kaltim diwakili KH Muhammad Bukhori juga sangat bersyukur bisa dilakukan serah terima putra-putri Kaltim sebanyak 21 orang yang telah mengikuti Program PKU selama enam bulan di Unida Gontor.

"Program PKU merupakan salah satu program strategis dari Pemerintah Provinsi Kaltim dan MUI Kaltim yang ikut bertanggung jawab untuk mengkader ulama," katanya.

Pewarta: Arumanto
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023