Beijing, (ANTARA/PRNewswire)- JA Solar, perusahaan terkemuka yang memproduksi produk tenaga surya berkinerja tinggi, kembali membuktikan inisiatif keberlanjutan setelah sukses menyelesaikan asesmen Environmental Product Declaration (EPD) atas berbagai lini produk. Asesmen ini dilakukan lembaga berpengaruh asal Perancis, Kapstan. Dengan demikian, lini produk JA Solar kini terdaftar dalam sistem EPD di Norwegia dan Italia. Pencapaian ini mencerminkan, upaya JA Solar dalam menghadirkan desain yang ramah lingkungan, penurunan jejak karbon, dan praktik produksi berkelanjutan terus meraih pengakuan dari pihak ketiga. Pengakuan ini juga meningkatkan pengaruh dan daya saing JA Solar di segmen pasar fotovoltaik (PV) premium.

Sebagai deklarasi tentang dampak lingkungan hidup tipe III dalam standar ISO14025, EPD mengacu pada Life Cycle Assessment (LCA). Lebih lagi, EPD mengungkap dampak lingkungan hidup dari produk atau layanan seputar sejumlah aspek, termasuk sumber daya yang tidak terbarukan, ekosistem, dan kesehatan manusia sepanjang siklus produk atau layanan tersebut, mulai dari pengadaan bahan baku, produksi, pengiriman produk, konsumsi, dan pembuangan produk. Dalam konteks ini, EPD dinilai sebagai sarana pendukung terbaik bagi kegiatan pengadaan barang ramah lingkungan yang diadakan pemerintah, serta desain produk dari sisi ekologi. Asesmen EPD yang diraih produk perusahaan berlaku umum di sebagian besar negara Eropa.

Produk seri tipe-p dan seluruh produk tipe-n DeepBlue 4.0 Pro buatan JA Solar berhasil menyelesaikan asesmen EPD di Norwegia dan Italia. Produk-produk ini mendapat pengakuan luas atas angka GWP (Global Warming Potential) yang rendah. Hal tersebut menunjukkan, seluruh produk PV arus utama buatan JA Solar telah diakui di segmen produk premium di pasar internasional. Lebih lagi, asesmen ini mencerminkan karakteristik produk JA Solar yang progresif dan ramah lingkungan pada era tipe-n.

JA Solar selalu berkomitmen terhadap aktivitas produksi, operasional, dan produk yang ramah lingkungan. JA Solar juga bekerja keras membangun rantai industri yang lestari dan rendah karbon. Pada 2022, JA Solar menggagas konsep pembangunan berkelanjutan yang bertajuk "Green to Green, Green to Grow, Green to Great".

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023